PENERAPAN ALAT PERAGA MISTAR GARIS BILANGAN DALAM PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PENGURANAGAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS V CAWU I SDN SUMBERSARI III JEMBER TAHUN PELAJARAN 2000/2001
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenisnya adalah
penelitian tindakan kelas. Banyaknya siklus yang dilakukan dalam penelitian ini
disesuaikan dengan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Berdasarkan
hasil penelitian, siswa yang belum tuntas mengalami penurunan dari 9 menjadi 2
siswa, dengan ketuntasan secara klasikal dari 70,96% menjadi 94,3%. Sedangkan
penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah adanya persepsi bahwa
penjumlahan bilangan bulat sama seperti bilangan cacah, persepsi yang berbeda
dalam penjumlahan bilangan bulat dengan garis bilangan, persepsi yang sama
antara penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan garis bilangan dan
masih sulitnya membedakan antara lambang bilangan dengan lambang operasi.