INOVASI PRODUK BATU ALAM DALAM UPAYA PENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CV SUPERINDO ABADI JEMBER
Abstract
Batu alam yang sedang diminati ini berhubungan dengan gaya hidup masyarakat
yang semakin berkembang, dalam artian masyarakat dewasa ini lebih menginginkan
pembaharuan dalam hal desain bangunan yang dihuninya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui inovasi produk batu alam dalam upaya peningkatan volume penjualan pada
CV Superindo Abadi Jember. Penelitian ini dilakukan di CV Superindo Abadi Jalan
Riau No. 17 Jember dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Tahap
pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan melakukan wawancara mendalam
untuk mengetahui, memperluas, dan memperdalam deskripsi penelitian “snowball
sampling”. Serta tahap analisis data menggunakan analisis domain dan analisis
taksonomi.
Inovasi produk yang dilakukan pada CV Superindo Abadi Jember adalah pada
bagian input penambangan bahan baku dilakukan oleh tenaga kerja perusahaan,
melengkapi sarana transportasi serta mengolah bahan mentah setelah penambangan dari
gumuk oleh tenaga kerja yang dilakukan dengan cara tradisional yaitu dipotong, dicuci
serta ditipiskan agar mudah diproses lebih lanjut oleh bagian produksi dengan cara
dipotong sesuai ukuran, dipahat dan diukir. Pada awalnya perusahaan memiliki pasar
area kampus unej, telah diinovasi menggunakan perluasan pasar yaitu dengan cara
mengirim barangnya keluar kota dan menyediakan jasa tukang dan jasa desainer.
Limbah dari proses produksi perusahaan dapat dimanfaatkan untuk batu cor. Pada sisi
presesnya yang menjadi kendala perusahaan yaitu minimnya peralatan yang
berteknologi canggih, namun perusahaan berfikir kreatif dengan menciptakan peralatan
sendiri dengan menggunakan tenaga listrik, yaitu pisau potong. Pada sisi outputnya
terbagi dalam tiga langkah yaitu pada awalnya perusahaan melakukan proses kreatif,
Proses inovasi ukuran, model, ukiran, Proses inovasi yang memanfaatkan jasa relasi.
Pada awalnya perusahaan melakukan proses kreatif yang mempunyai tiga aspek yaitu
keahlian, kemampuan berpikir fleksibel dan imajinatif. Setelah itu perusahaan baru
menciptakan inovasi produk dengan cara menambah dan mengubah ukuran, mudel,
serta ukiran. Hasil inovasinya adalah batu khas jember yaitu batu piring, batu singaraja,
batu murmer yang berbentuk tidak beraturan dan tersedia berbagai ukuran serta sesuai
permintaan konsumen. Pada tahap akhir perusahaan menentukan inovasi dengan
memanfaatkan jasa relasi, hasilnya adalah sesuai dengan keinginan konsumen yang
membutuhkan bahan baku apa, modelnya bagaimana serta ukurannya sesuai dengan
kebutuhan untuk bangunannya. Inovasi yang dilakukan oleh CV Superindo Abadi
Jember merupakan bagian dari kegiatan perusahaan untuk dapat mempertahankan diri
terhadap kondisi pesaing yang ada serta diharapkan dapat meningkatkan volume
penjualan pada perusahaan.