• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEN ERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X-D Semester Ganjil SMA Negeri 3 Jember Mata Pelajaran Ekonomi Standar Kompetensi Memahami Konsep Ekonomi dalam kaitannya dengan Permintaan, Penawaran, Harga Keseimbangan dan Pasar Tahun Ajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Novita Zahro_1_18.pdf (439.2Kb)
    Date
    2013-07-29
    Author
    NOVITA ZAHRO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi awal di kelas X SMA Negeri 3 Jember pada mata pelajaran ekonomi menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode ceramah. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan guru selalu mendominasi dalam kegiatan pembelajaran, sebagai hasilnya siswa hanya sekedar memperoleh informasi kemudian menghafalnya, tanpa memahami isi dari materi pembelajaran. Data observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas X-D masih rendah 59,83%. Sedangkan nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas X-D pada saat itu juga hanya sebesar 69,74 sehingga hasil belajar siswa kurang optimal dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yakni 75. Berdasarkan uraian diatas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran Reciprocal untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa adalah model pembelajaran reciprocal. Model pembelajaran reciprocal adalah model pembelajaran ini bersifat memahami materi dengan cara membaca bacaan. Dalam pembelajaran reciprocal, guru mengajarkan siswa keterampilan-keterampilan kognitif penting dengan menciptakan pengalaman belajar, melalui pemodelan perilaku tertentu dan kemudian membantu siswa mengembangkan keterampilan tersebut atas usaha mereka sendiri dengan pemberian semangat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dari pasif menjadi sangat aktif sekaligus hasil belajar siswa hingga mencapai KKM pada mata pelajaran Ekonomi. Diharapkan dengan pembelajaran ini siswa tidak hanya menghafal saja tetapi juga memahami konsep-konsep dari rumus pada Standar Kompetensi Memahami Konsep Ekonomi dalam kaitannya dengan Permintaan, Penawaran, Harga Keseimbangan dan Pasar tersebut sebagai hasil dari proses berfikir mereka setelah siswa melihat beberapa contoh soal yang dalam menyelesaikan soal-soal. Menurut pandangan konstruktivisme, pembelajaran bukan hanya aktivitas guru memindahkan pengetahuan tetapi juga merupakan aktivitas siswa secara aktif menelusuri sesuatu yang belum diketahui. Salah satu pembelajaran yang sesuai dengan pandangan konstruktivis tersebut adalah model pembelajaran reciprocal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas X-D di SMA Negeri 3 Jember. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada ranah kognitif yang berupa nilai ulangan harian pada mata pelajaran Ekonomi Standar Kompetensi Memahami Konsep Ekonomi dalam kaitannya dengan Permintaan, Penawaran, Harga Keseimbangan dan Pasar siswa kelas X-D SMA Negeri 3 Jember. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I telah mengalami peningkatan yaitu ditujukan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa menncapai 70,08% dan berada pada kategori aktif. Pada siklus II aktivitas belajaran siswa mengalami peningkatan lagi dengan besarnya presentase klasikal mencapai 80,05% dengan kategori sangat aktif. Presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 76,92% dan pada siklus II sebesar 82,05%. Bedasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa ketuntasaan hasil belajar siswa pada pra siklus sampai dengan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan mengalami peningkatan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/739
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository