• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL MELALUI SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATHEMATICAL LITERACY SISWA SMP DI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    laporan lengkap.pdf (10.43Mb)
    Date
    2016-05-04
    Author
    DIAH SRI LESTARI, N
    ABI SUWITO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa-siswa Indonesia seringkali memenangkan olimpiade tingkat international untuk bidang matematika akan tetapi ironisnya prestasi ini tidak sejalan dengan prestasi Indonesia di dunia Internasional. Indonesia menduduki peringkat ke 64 dari 65 negara partisipan PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2012 tentang mathematical literacy(OECD 2013). Hal ini dimungkinkan karena materi yang yang diajarkan di Indonesia berbeda dengan yang diujikan (yang distandarkan) secara internasional. Pembelajaran tematik mengarah pada terintegrasinya pengetahuan sehingga membentuk pengetahuan yang utuh dan tidak terkotak-kotak, sementara scientific approach dapat membentuk pengetahuan yang aplikatif karena pembelajaran selalu diawali dengan pengamatan terhadap lingkungan sekitar. Pada scientific approach, lingkungan dan budaya sekitar mempunyai peranan yang cukup penting. Pemilihan setting objek untuk diamati yang sesuai dengan latar belakang budaya siswa tentunya akan sangat membantu siswa dalam belajar. Berdasarkan karakteristik kurikulum 2013 maka kemampuan mathematical literacy dapat disisipkan untuk diajarkan kepada siswa melalui scientific approach yang berbasis budaya lokal. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Thiagaradjan melalui tahap define, design, develope, dan dessiminate. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya lokal melalui scientific approach untuk meningkatkan kemampuan mathematical literacysiswa SMP di Jember. Penelitian tahun pertama bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid (tahap define, design, dan develope), sedangkan pada tahun kedua bertujuan untuk melanjutkan tahap ujicoba (develope) dan menyebarkan hasil perangkat pembelajaran (tahap dessiminate).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73679
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository