dc.description.abstract | Menurunnya aktivitas dan nilai ha sil belajar IPS di sekolah disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran dan Media pembelajaran yang
diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional. Sehingga pemahaman terhadap
konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah IPS yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam
pembelajaran IPS. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah IPS, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa metode
pembelajaran. Metode dan media tersebut dapat mendekatkan IPS kepada siswa dan
dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi aktif
dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun
pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan Model Pembelajaran Reciprocal
pelajaran IPS sub pokok bahasan Sumber Daya Alam di Lingkungan Setempat di
SDN Gebang 03 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012 .
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Gebang 03 dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan Mengenal Sumber Daya Alam
di Lingkungan Setempat dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal
Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di
SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang, dimulai pada tanggal 28 September 2011
subyek penelitian adalah siswa kelas IVB dengan jumlah siswa 40 siswa. Jenis
penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema kemis
dan taggar dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning),
tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan
data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data yang
dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir
sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, serta jawaban siswa
terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan model Reciprocal pada
pembelajaran IPS materi mengenal sumber daya alam dapat meningkatkan minat
belajar siswa, kemampuan akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar
mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai
dengan siklus II dari 45% menjadi 82,5%. Aktivitas belajar siswa meningkat pada
siklus I sampai dengan siklus II dari 61,4% menjadi 75,37%. Peningkatan aktivitas
diatas, dapat dilihat bahwa dengan model pembelajaran Reciprocal dapat
meminimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran
Reciprocal pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Sumber Daya Alam dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara
klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa
kelas IV SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember pada siklus I
sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 45%
atau sebanyak 18 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada
siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 82,5 % atau sebanyak 33
siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar.
Saran dari penelitian ini adalah Metode pembelajaran dengan Model
Pembelajaran Reciprocal dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang
bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda. | en_US |