PENGARUH VISCOELASTICITY TERHADAP NILAI ROLLING RESISTANCE PADA BAN RADIAL
Abstract
Viscoelastic adalah perilaku material yang mampu kembali ke bentuk seperti
semula dengan waktu tertentu yang mengakibatkan disipasi energi dalam jumlah
besar pada tingkat internal yang berbeda.
Dalam penelitian ini, difokuskan pada nilai viscoelastic. Variasi yang
digunakan adalah Variasi tekanan yaitu; 200, 230 dan 250 kPa dengan masingmasing
tekanan diberikan beban 150-1350 N.
Penelitian ini dilakukan di Penelitian ini dilakukan di LPM (ruang riset tim
mobil listrik TITEN Fakultas Teknik) Universitas Jember..
Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pada tekanan 250 kPa memiliki
Viscoelastic lebih baik daripada tekanan 200 dan 230 kPa, dimana puncak tertinggi
dari fenomena viscoelastic ini ketika tekanan itu terjadi pada tekanan 200 kPa dengan
beban 1350 N yaitu 6,07 mks dan viscoelastic terendah terjadi pada saat tekanan 250
kPa dengan beban 150 N dengan nilai 0,02 mks sehingga dapat disimpulkan bahwa
semakin tinggi viscoelastic, maka semakin tinggi nilai displacement dan luasan
kontak ban dengan permukaan yang menyebabkan semakin tinggi pula nilai rolling
resistance. Dari kesimpulan tersebut bisa diketahui bahwa viscoelastic mempunyai
pengaruh terhadap rolling resistance.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]