PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MNEMONIC DAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA IPA POKOK BAHASAN PANCA INDRA KELAS IV DI SDN GLANGGANG 1 PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Pembelajaran IPA yang identik dengan menghafal memerlukan suatu teknik
mengingat khusus dengan penekanan atau pelatihan kemampuan mengingat untuk
mengoptimalkan memori dan daya ingat siswa agar lebih mudah memahami
selama proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran juga harus dipilih strategi
dan metode yang sesuai dan mampu meningkatkan kemampuan mengingat siswa,
sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil
obsevasi menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal
tersebut dikarenakan guru belum menggunakan strategi dan metode yang dapat
menekankan kemampuan dalam mengingat materi pembelajaran. Alternatif
pemecahan masalah tersebut adalah dengan menggunakan strategi belajar
mnemonic melalui snowball throwing. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar belajar siswa dalam
pembelajaran IPA pokok bahasan panca indra menggunakan strategi belajar
mnemonic melalui metode snowball throwing pada kelas IV di SDN Glanggang 1
Pasuruan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar IPA menggunakan strategi belajar mnemonic melalui metode snowball
throwing pada kelas IV SDN Glanggang 1 Pasuruan Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1529]