PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN BENDA DAN SIFATNYA SISWA KELAS IV MI RIYADLUS SHOLIHIEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Pembelajaran IPA menekankan pada pengalaman langsung dan
kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu
menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. IPA berhubungan dengan
cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis, bukan hanya
penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip saja,
tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Metode pembelajaran juga harus
dipilih sesuai dengan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi
dan hasil belajarnya. Pada kenyataannya, motivasi belajar siswa kelas IV MI
Riyadlus Sholihien Jember masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena
belum adanya penggunaan metode yang dapat membangkitkan minat siswa
selama pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk
mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan metode Guided
Discovery. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa melalui memalui metode Guided Discovery pokok bahasan
benda dan sifatnya kelas IV MI Riyadlus Sholihien Jember Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2015/2016.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1548]