Show simple item record

dc.contributor.authorSIDIQ, ROHMAT KHOIRUL
dc.date.accessioned2016-02-23T01:35:50Z
dc.date.available2016-02-23T01:35:50Z
dc.date.issued2016-02-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73527
dc.description.abstractMobil listrik merupakan mobil bebas emisi yang dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat hasil pembakaran. Mobil listrik membutuhkan baterai lead acid sebagai pengganti bahan bakar minyak sehingga dibutuhkan pengisi baterai yang dapat mempercepat pengisian dan aman. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan metode pengisian arus konstan dan tegangan konstan. Metode arus konstan bekerja apabila baterai dalam proses pengisian dengan arus pengisian sebesar 2 A. Akan tetapi, ketika tegangan baterai penuh maka metode yang digunakan akan beralih menjadi tegangan konstan sehingga dalam kondisi ini arus pengisian sangat kecil. Penelitian ini menggunakan rectifier, buck converter, mikrokontroller ATmega16, sensor arus, dan sensor tegangan. Rangkaian rectifier digunakan untuk menyearahkan tegangan AC 220 V/50 Hz yang sudah diturunkan dengan trafo regulator. Pada rectifier mengunakan diode 6 A dan kapasitor sebesar 30.000 uF sebagai filter. Kemudian untuk rangkaian buck converter menggunakan frekuensi 31 KHz, induktor 0.8 mH, dan kapasitor 80.6 uF dengan tegangan input 80 V.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectarus konstan, tegangan konstan, baterai lead acid, buck converter, sistem pengisi baterai, rectifieren_US
dc.titleRANCANG BANGUN SISTEM PENGISI BATERAI MOBIL LISTRIK BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA16en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record