PENERAPAN METODE PERMAINAN TEBAK KATA DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SDN KEBONSARI 04 JEMBER
Abstract
akta di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran sampai saat ini
masih bersifat konvensional dimana guru masih dominan dalam pembelajaran
sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Berdasarkan
hasil observasi di kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember, terdapat permasalahan yaitu
hasil belajar siswa rendah dan siswa cenderung pasif dan bosan dalam pembelajaran
IPS karena terlalu banyak hafalan. Oleh karena itu, penelit i menerapkan metode
permainan tebak kata dengan media gambar untuk menarik perhatian siswa.
Rumusan masalah dalam penelit ian ini yaitu bagaimanakah peningkatan
mot ivasi belajar siswa kelas IVB mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan
teknologi di SDN Kebonsari 04 Jember melalui penerapan metode permainan tebak
kata dengan media gambar serta bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas
IVB mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi di SDN Kebonsar i
04 Jember melalui penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar.
Oleh karena itu, penelit ian ini bertujuan untuk meningkatkan mot ivasi dan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi.
Penelit ian ini dilakukan di SDN Kebonsari 04 Jember dan pengambilan data
dilakukan pada tanggal 26 Januari 2012 sampai dengan 29 Maret 2012. Adapun
subjek penelit ian adalah siswa Kelas IVB. Penelit ian ini merupakan penelit ian
tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif.
Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,
observasi, wawancara dan tes.
Penerapan metode permainan tebak kata dengan media gambar pada int inya
melibatkan siswa untuk melakukan permainan tebak kata sesuai dengan materi yang
diajarkan, sehingga dapat meningkatkan motivasi beajar siswa. Dengan adanya
peningkatan mot ivasi belajar siswa diharapkan dapat berdampak pada kemampuan
siswa dalam mengerjakan soal yang menyebabkan hasil belajar dapat meningkat.
Hasil penelit ian menunjukkan bahwa penerapan metode permainan tebak kata
dengan media gambar pada pokok bahasan perkembangan teknologi terlaksana
dengan lancar serta meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa
secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya.
Skor motivasi siswa adalah 3,1 pada siklus I dan meningkat menjadi 3,6 pada siklus
II. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 74,36% dan
meningkat sebesar 79,49% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode permainan tebak kata dengan media gambar dapat meningkatan mot ivasi dan
hasil belajar siswa.
Adapun saran yang dapat diberikan yaitu siswa diharapkan dengan adanya
penelit ian metode permainan tebak kata dengan media gambar dapat memberikan
kesan bahwa belajar IPS itu mudah dan menyenangkan serta dapat memberikan
wawasan dalam pembelajaran IPS, sementara guru hendaknya menjadikan penelit ian
ini sebagai bahan masukan dalam menentukan pendekatan pembelajaran yang tepat
dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar IPS.