• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER DENGAN PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri Balung Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Mohammad Abdul Wafi_1_19.pdf (324.7Kb)
    Date
    2013-07-29
    Author
    Mohammad Abdul Wafi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Persoalan budaya dan karakter semakin memudar dikalangan para pelajar. Berbagai alternatif penyelesaian telah dan terus diupayakan seperti peraturan undang- undang untuk meningkatkan pelaksanaan penegakan hukum yang lebih kuat. Alternative lain untuk mengatsi persoalan budaya dan karakter bangsa adalah pendidikan. Dalam dunia pendidikan pembelajaran berbasis karakter merupakan alternatif yang sangat tepat untuk memperbaiki suasana proses pendidikan nasional saat ini. Pembelajaran berbasis karakter adalah pembelajaran yang menanamkan karakter bagi siswa melalui pengembangan karakter secara progresif selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pembelajaran berbasis karakter dengan penggunaan media komputer interaktif terhadap hasil belajar siswa. Indikator pembelajaran berbasis karakter dengan penggunaan media komputer interaktif yaitu karakter kemandirian dan karakter kedisiplinan. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif, karena dalam prosedur dan analisisnya peneliti hanya menggunakan metode statistik dimana di dalamnya berupa pengolahan angka-angka. Dalam menentukan tempat penelitian, peneliti menggunakan metode proporsive area yaitu di SMA Negeri Balung Jember. Metode penentuan responden yang digunakan adalah metode proportional random sampling dengan jumlah responden 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, sebagai data primer, metode wawancara sebagai data tambahan yang diperoleh dari siswa kelas X SMA Negeri Balung Jember dan guru mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember, dan metode dokumentasi untuk mendapatkan hasil belajar siswa, absensi siswa, data lainnya yang dianggap penting dari SMA Negeri Balung Jember. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Untuk mengukur hubungan antara pembelajaran berbasis karakter dengan media komputer interaktif terhadap hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik: analisis regresi linier, analisis varian garis regresi, uji F, dan uji t. Hasil pengolahan data yang dibuktikan dengan menggunakan uji F dengan hasil Fhitung (198,845) > Ftabel (3,982) dengan taraf signifikan α = 0,05 > 0,000. Secara parsial dengan uji t variabel pembelajaran berbasis karakter dengan penggunaan media komputer interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember semester gasal tahun ajaran 2011/2012 dengan thitung= 22,022 > t tabel 1,993 dan α = 0,05 > sig = 0,000,. Koofesien determinasi (Rsquare) yang berarti variabel pembelajaran berbasis karakter dengan media komputer interaktif memberikan proporsi sumbangan sebesar 87,4% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember tahun ajaran 2011/2012. Pembelajaran berbasis karakter dengan penggunaan media komputer interaktif yang dibagi menjadi dua indikator yaitu karakter kemandirian dan karakter kedisiplinan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri Balung Jember tahun ajaran 2011/2012. Hal itu dikarenakan pembelajaran berbasis karakter dengan media komputer interaktif, dengan indikator karakater kemandirian memberikan peranan bagi siswa untuk selalu percara akan kemampuannya sendiri, selalu berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan tugas-tugasnya tanpa tergantung kepada orang lain, dan berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri dalam menyelesaikan tugas- tugas dan dalam mengikuti proses pembelajaran. selain itu dengan indikator karakter kedisiplinan seorang siswa akan selalu patuh pada peraturan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/735
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15404]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository