dc.description.abstract | Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah
satunya adalah kecerdasan (meliputi kecerdasan intelektual dan kecerdasan
emosional) yang dimiliki oleh siswa. Siswa yang dapat menerapkan kecerdasan
intelektual dan kecerdasan emosional akan dapat mengikuti proses pembelajaran
dengan lancar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, sehingga bagi siswa yang
dapat menggunakan kecerdasan yang dimiliki dengan optimal, maka hasil belajar
yang diperoleh juga akan optimal. Begitu halnya pada siswa kelas X IPS mata
pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan, kecerdasan yang
dimiliki oleh siswa (meliputi kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional) erat
kaitannya dengan hasil belajar yang diperoleh siswa tersebut.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variabel
kecerdasan terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS mata pelajaran ekonomi SMA
Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan tahun 2015, sehingga hipotesis penelitian dalam
penelitian dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan dari variabel
kecerdasan terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS mata pelajaran ekonomi SMA
Negeri 1 Grati Kabupaten Pasuruan tahun 2015. | en_US |