dc.description.abstract | Proses Pembelajaran IPS di kelas V SDN Ngadiluwih 02 Kediri belum
menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga aktivitas belajar siswa
belum termasuk dalam kriteria aktif dan hasil belajar siswa juga belum termasuk
dalam kriteria baik. Berdasarkan observasi prasiklus yang telah dilakukan oleh
peneliti diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori cukup
aktif, sedangkan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori cukup baik. Perlu
dilakukan suatu tindakan alternatif berupa penerapan metode pembelajaran yang lebih
bervariasi dengan mengutamakan keaktifan siswa dan memberi peluang kepada siswa
untuk mengembangkan kemampuan belajarnya secara maksimal.
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: bagaimanakah penerapan metode Bermain Peran untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPS pokok bahasan
Jenis-Jenis Usaha Ekonomi di SDN Ngadiluwih 02 Kediri Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2015/2016? Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan,
penelitian ini bertujuan: meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui
penerapan metode bermain peran pada siswa kelas V dalam pembelajaran IPS pokok
bahasan Jenis-Jenis Usaha Ekonomi di SDN Ngadiluwih 02 Kediri Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2015/2016. | en_US |