dc.description.abstract | Indonesia sebagai negara dengan peringkat terendah dalam pencapaian mutu
pendidikan. Kondisi ini diperparah dengan rendahnya minat membaca masyarakat
Indonesia dan kegiatan pembelajaran di Indonesia telah membuat siswa cenderung
pasif dan hanya mendengarkan guru mengajar di kelas daripada mencari informasi
dengan membaca buku sebanyak-banyaknya. Salah satu alternatif pemecahan
masalah pendidikan, yaitu dengan mendayagunakan sumber-sumber belajar, contoh
sumber belajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah buku siswa. Dari
hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA diketahui bahwa siswa masih
mengalami kesulitan tentang pemahaman konsep terhadap materi gerak pada
tumbuhan. Buku siswa kurikulum 2013 yang digunakan dalam pembelajaran tidak
jauh berbeda dengan buku-buku terdahulu, diliat dari isi materi dan gambar yang
diberikan kurang variatif. Siswa menginginkan buku yang mudah dipahami, berisi
rangkuman, serta lengkap dengan gambar. Perlu solusi yang dapat menangani
masalah tersebut, yakni dengan menggunakan buku siswa berbasis model
pembelajaran siklus belajar 5E, dimana model ini dapat mengembangkan pemahaman
konsep siswa melalui pengalaman langsung yang bertahap dan bersiklus yang
diharapkan mampu menuntun siswa untuk memahami suatu konsep materi.
Berdasarkan uraian di atas peneliti mengambil judul “Pengembangan Buku Siswa
IPA Biologi Berbasis Model Siklus Belajar 5E Pokok Bahasan Gerak Pada
Tumbuhan Kelas VIII SMP”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan hasil
pengembangan buku siswa IPA biologi berbasis model Siklus Belajar 5E pokok | en_US |