PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PROFESI AKUNTAN (Studi Pada Peguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Jember)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui
dan menganalisis perbedaan persepsi pada mahasiswa akuntansi di Perguruan
Tinggi Negeri dengan persepsi mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta atas etika
profesi akuntan. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Akuntansi di
Universitas Jember mewakili Perrguruan Tinggi Negeri dan Universitas
Muhammadiyah Jember mewakili Perguruan Tinggi Swasta. Pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan
metode kuesioner. Uji kualitas data : Uji validitas menggunakan pearson
correlation sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Uji asumsi
klasik: uji normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov. Uji hipotesis
menggunakan independent semple t-test. HasilPenelitianini menujukkan bahwa
terdapat perbedaan persepsi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dengan
mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta terhadap etika profesi akuntan yang
ditunjukkan dari hasil uji hipotesis independent sample t-test yaitu nilai t sebesar
6,786 dengan signifikasi 0,000. Hal ini disebabkan karena persepsi mahasiswa
dapat dibentuk oleh lingkungan sekitarnya, dan Perguruan Tinggi mempunyai
andil besar dalam pembentukan persepsi seorang mahasiswa. Perbedaan persepsi
tersebut disebabkan oleh: pertama, perbedaan kualitas mahasiswa sebagai input
kedua, proses belajar mengajar yang terdiri dari jumlah sks dan kualitas dosen.
Perbedaan jumlah sks yang menunjang pemahaman etika dan perbedaan peran
dosen dalam mentransfer pemahaman etika profesi akuntan dalam matakuliah.