• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PROFESI AKUNTAN (Studi Pada Peguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    080810301113--RINA YULISTINA WATI-1-49.pdf (389.9Kb)
    Date
    2016-02-22
    Author
    WATI, RINA YULISTINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan persepsi pada mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri dengan persepsi mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta atas etika profesi akuntan. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Akuntansi di Universitas Jember mewakili Perrguruan Tinggi Negeri dan Universitas Muhammadiyah Jember mewakili Perguruan Tinggi Swasta. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji kualitas data : Uji validitas menggunakan pearson correlation sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Uji asumsi klasik: uji normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov. Uji hipotesis menggunakan independent semple t-test. HasilPenelitianini menujukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dengan mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta terhadap etika profesi akuntan yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis independent sample t-test yaitu nilai t sebesar 6,786 dengan signifikasi 0,000. Hal ini disebabkan karena persepsi mahasiswa dapat dibentuk oleh lingkungan sekitarnya, dan Perguruan Tinggi mempunyai andil besar dalam pembentukan persepsi seorang mahasiswa. Perbedaan persepsi tersebut disebabkan oleh: pertama, perbedaan kualitas mahasiswa sebagai input kedua, proses belajar mengajar yang terdiri dari jumlah sks dan kualitas dosen. Perbedaan jumlah sks yang menunjang pemahaman etika dan perbedaan peran dosen dalam mentransfer pemahaman etika profesi akuntan dalam matakuliah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73355
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository