ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN UNTUK MEMUTUSKAN PEMBELIAN PONSEL BLACKBERRY (STUDI KASUS DI WILAYAH PERKOTAAN KABUPATEN JEMBER)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen untuk memutuskan pembelian ponsel BlackBerry di
wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Variabel yang digunakan dalam penelitian
ada 20 variabel.
Populasi penelitian ini adalah orang yang memutuskan pembelian ponsel
BlackBerry dan pengguna ponsel BlackBerry di kota Jember periode 2010-2011.
Responden sebanyak 100 responden diambil dengan metode metode purposive
sampling dengan kriteria responden berusia 17 tahun dan memiliki BlackBerry.
Untuk masing-masing kecamatan sampel yang diambil adalah Kecamatan Patrang
sebanyak 36 responden, Kecamatan Sumbersari sebanyak 35 responden, dan pada
Kecamatan Kaliwates sebanyak 29 responden.
Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan analisis faktor. Analisis
faktor digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah
variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. Dalam
penelitian ini analisis faktor digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen untuk memutuskan pembelian ponsel BlackBerry di
wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan 20 variabel
dan dihasilkan enam faktor baru yang dibentuk, yaitu faktor promosi, faktor
produk, faktor kepribadian, faktor gaya hidup, faktor acuan dan faktor kelas sosial
yang nantinya penelitian ini diharapkan lebih mampu meningkatkan keenam
faktor yang sudah dibentuk.