PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FREEMIND UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII.C pada Mata pelajaran IPS Terpadu Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk Indonesia di SMP Negeri 1 Mumbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016)
Abstract
Kreativitas dan Hasil Belajar belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1
Mumbulsari dalam pembelajaran IPS masih tergolong rendah dibandingkan dengan
kelas VIII lainnya. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan oleh
guru dalam proses pembelajaran IPS Terpadu menggunakan media sederhana (papan
tulis) yang disampaikan dengan metode ceramah. Oleh karena itu penggunaan media
aplikasi komputer program FreeMInd menjadi perlu. Penggunaan media aplikasi
komputer program FreeMInd diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang
selama ini dilakukan sehingga siswa memiliki Kreativitas dan Hasil Belajar belajar
yang tinggi.
Penelitian ini meruapakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi antara
guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran
dengan menggunakan media aplikasi komputer program FreeMInd untuk
meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1
Mumbulsari pada mata pelajaran IPS Terpadu standar kompetensi Mendeskripsikan
kondisi fisik wilayah dan penduduk semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. 2)
Meningkatkan Kreativitas siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Mumbulsari melalui
penggunaan media aplikasi komputer program FreeMInd pada mata pelajaran IPS
Terpadu standar kompetensi Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. 3) Meningkatkan Hasil Belajar belajar
viii
kelas siswa VIIIC SMP Negeri 1 Mumbulsari melalui penggunaan media aplikasi
komputer program FreeMInd pada mata pelajaran IPS Terpadu standar kompetensi
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk semester gasal tahun pelajaran
2015/2016..
Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIC SMP Negeri 1 Mumbulsari. Penelitian
ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan,
penerapan tindakan, observasi guru dan siswa dan melakukan refleksi di akhir setiap
siklus. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu
memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan Kreativitas, yang dapat
dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui skor rata-rata Kreativitas belajar
sebesar 1,96 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar
2,485 (kategori tinggi). Hasil Belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar secara
individu dari 36 Siswa 25 Siswa tuntas, 11 siswa tidak tuntas.dari ketuntasan klasikal
prosentase ketuntasan 69%. Pada Siklus II Hasil belajar siswa mengalami ketuntasan
belajar secara individu semua siswa dinyatakan tuntas dan ketuntasan Klasikal naik
menjadi 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan media aplikasi
komputer program FreeMInd dapat meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar
belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru IPS Terpadu SMP Negeri 1
Mumbulsari bahwa, media aplikasi komputer program FreeMInd dapat dijadikan
sebagai alternatif media pembelajaran, yang dapat digunakan untuk meningkatkan
Kreativitas dan Hasil Belajar belajar siswa terhadap suatu materi yang diajarkan.