Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihandono, Prihandono
dc.contributor.advisorMaryani
dc.contributor.authorERNAWATI
dc.date.accessioned2016-02-01T09:33:46Z
dc.date.available2016-02-01T09:33:46Z
dc.date.issued2016-02-01
dc.identifier.nim070210204286
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73135
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran samapai saat ini peran guru sampai subjek pembelajaran dan hanya sebagai transfer pengetahuan. Guru masih menggunakan model konvensional, guru terlalu mendominasi kelas sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Kebanyakan siswa tidak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dikarenakan kurangnya semangat untuk aktif dalam belajar, menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Penerapan model inkuiri dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, menambah aktivitas siswa serta membantu siswa dalam memahami materi gaya melalui penemuan konsep, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA pokok bahasan gaya melalui model inkuiri pada siswa kelas IV SDN Sumberejo 09 Kecamatan Ambulu Jember, (2) Mendiskripsikan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran khususnya pembelajaran IPA pokok bahasan gaya pada siswa kelas IV SDN Sumberejo 09 kecamatan Ambulu Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 09 Ambulu Jember pada kelas IV yang terdiri atas 22 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi empat kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Inkuirien_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBEREJO 09 KECAMATAN AMBULU JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record