dc.description.abstract | Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran samapai saat
ini peran guru sampai subjek pembelajaran dan hanya sebagai transfer pengetahuan.
Guru masih menggunakan model konvensional, guru terlalu mendominasi kelas
sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang. Kebanyakan
siswa tidak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dikarenakan kurangnya
semangat untuk aktif dalam belajar, menemukan sendiri konsep yang dipelajari.
Penerapan model inkuiri dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan,
menambah aktivitas siswa serta membantu siswa dalam memahami materi gaya
melalui penemuan konsep, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA
pokok bahasan gaya melalui model inkuiri pada siswa kelas IV SDN Sumberejo 09
Kecamatan Ambulu Jember, (2) Mendiskripsikan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran khususnya pembelajaran IPA pokok bahasan gaya pada siswa kelas IV
SDN Sumberejo 09 kecamatan Ambulu Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 09 Ambulu Jember pada
kelas IV yang terdiri atas 22 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 11 siswa
perempuan. Siswa dibagi menjadi empat kelompok yang heterogen. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data
dengan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. | en_US |