dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), sebagai salah satu mata pelajaran penting
dalam jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) memiliki peran yang sangat dominan
untuk membentuk konsep pemahaman siswa tentang alam. Rendahnya pemahaman
siswa terhadap konsep IPA dapat berpengaruh terhadap hasil belajar, sebab dalam
IPA kapabilitas seseorang terukur melalui konsep yang telah dikuasainya. Dengan
demikian, diperlukan adanya suatu pembelajaran yang bervariasi dengan menerapkan
suatu metode yang menyertakan media sebagai penyampaian pesan dalam
pembelajaran. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam menekankan pada
pemahaman konsep adalah metode bermain dengan kartu domino bergambar
(science dominoes). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
adanya pengaruh metode bermain kartu domino bergambar (science dominoes)
terhadap hasil belajar IPA sub pokok bahasan rantai makanan siswa kelas IV.
Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di SDN Sumbersari 03
Jember mulai tanggal 21 Oktober sampai tanggal 12 November 2015. Penelitian ini
menggunakan pola non-randomized control group pretest-posttest design. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Sumbersari 03
Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan
uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang
dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 0,696,
kemudian harga tersebut dibandingkan dengan harga dengan db = 64 pada
ix
taraf signifikansi 5%. Nilai dengan db = 64 memiliki harga 1,998. Hasil
tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa
sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya berdasarkan pertimbangan
dan kesepakatan wali kelas IVA dan IVB langsung ditentukan kelas eksperimen dan
kelas kontrol, didapatkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai
kelas kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yang
merupakan skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis
dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh
= 4,537, harga ini kemudian dibandingkan dengan dengan db = 64 pada
taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh = 1,998. Diperoleh > (4,537 >
1,998), dengan demikian hipotesis nihil ( ) yang berbunyi tidak ada pengaruh
metode bermain kartu domino bergambar (science dominoes) terhadap hasil belajar
IPA sub pokok bahasan rantai makanan siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh metode bermain
dengan kartu domino bergambar (science dominoes) terhadap hasil belajar IPA sub
pokok bahasan rantai makanan siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember diterima,
dengan hasil uji efektifitas relatif pada analisis data diperoleh ER = 49,17%.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh metode bermain kartu domino bergambar (science dominoes) terhadap
hasil belajar IPA sub pokok bahasan rantai makanan siswa kelas IV SDN Sumbersari
03 Jember. Metode bermain dengan kartu science dominoes ini diharapkan dapat
menjadi alternatif pilihan untuk variasi pembelajaran yang menuntut siswa berperan
aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu sebagai referensi untuk menggunakan
metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, serta
dapat memberikan wawasan dan masukan serta bahan pertimbangan dalam penelitian
selanjutnya. | en_US |