TINDAK BERBAHASA DALAM INTERAKSI TAWAR-MENAWAR ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI ONLINE SHOP LOLLY SANDANG
Abstract
Bahasa digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari baik dalam acara formal
maupun non formal. Penggunaan bahasa dalam kehidupan manusia adalah sebagai alat
komunikasi. Berbekal hasil teknologi yang telah dikembangkan oleh manusia mereka mampu
berkomunikasi jarak jauh. Salah satu teknologi komunikasi jarak jauh yang sangat dekat
dengan kehidupan manusia ialah internet dan handphone.
Kehadiran teknologi internet pada handphone melahirkan komunikasi yang khas.
Salah satu bentuk komunikasi yang khas terjadi pada bidang perdagangan. Bidang
perdagangan pada internet ini berhubungan dengan online shop. Istilah online shop dalam
bahasa Indonesia adalah toko yang menjual barang melalui internet. Adanya peristiwa media
handphone yang didukung oleh jaringan internet telah memunculkan kebiasaan baru
masyarakat pengguna handphone berbasis internet yaitu belanja online. Dalam online shop
pembeli dan penjual tidak saling bertemu di tempat perbelanjaan. Mereka melakukan
transaksi pembayaran melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Kehadiran online shop di
dalam masyarakat saat ini memudahkan mereka dalam berbelanja. Mereka tak perlu datang
ke tempat perbelanjaan. Cukup berbekal handphone berbasis internet mereka bisa berbelanja
di manapun mereka berada. Keunikan yang terjadi dalam peristiwa ini adalah interaksi tawarmenawar
yang dilakukan oleh orang yang tak saling kenal. Selain itu, mereka berkomunikasi
tanpa bertatap muka secara langsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini
mencakup: 1) Bagaimanakah Jenis tindak bahasa yang digunakan dalam interaksi tawarmenawar
antara penjual dan pembeli di Online Shop LOLLY Sandang? 2) Bagaimanakah
fungsi tindak bahasa yang digunakan dalam interaksi tawar menawar antara penjual dan
pembeli di OnlineShop LOLLY Sandang? 3) Bagaimanakah konteks sosio-psikologis yang
dialami oleh penjual dan pembelisaat melakukan tindak bahasadalam interaksi tawarmenawar
di Online Shop LOLLY Sandang?
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan
temuan tentang : 1) Jenis-jenis tindak bahasa yang digunakan dalam interaksi tawar menawar
di onlineshop LOLLY Sandang. 2)Fungsi tindak bahasa dalam interaksi tawar menawar di
onlineshop LOLLY Sandang. 3) konteks sosio-psikologis yang dialami oleh penjual dan
pembeli saat melakukan tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar di Online Shop
LOLLY Sandang.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
pengamatan, dokumentasi, wawancara, dan perekaman. Analisis data yang dilakukan terdiri
atas empat proses yaitu penyeleksian data, pemeriksaan data, penglasifikasian data dan
pengodean data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak bahasa dalam interaksi tawarmenawar
di online shop Lolly sandang yang pertama, jenis tindak bahasa yang meliputi: 1)
tindak lokusi, 2) tindak ilokusi, serta 3) tindak perlokusi. Kedua, fungsi tindak bahasa dalam
interaksi tawar-menawar di online shop Lolly sandang terdiri atas : fungsi kompetitif
(competitive), fungsi menyenangkan (convivial), fungsi bekerja sama (collaborative),
bertentangan (conflictiv). Ketiga, konteks sosio-psikologis yang dialami oleh penjual dan
pembeli di Lolly shop pada saat tawar-menawar, seperti dalam keadaan senang, cemas,
kecewa, kesal, marah, dan peduli.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diajukan saran: 1) bagi pengajar mata kuliah
Pragmatik, hasil penelitian ini disarankan memperbaiki dan menyempurnakan lagi proses
belajar mengajar mata kuliah Pragmatik khususnya pada kajian tindak bahasa yang
dilaksanakannya. 2) bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian yang serupa tentang
tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar antara penjual dan pembeli di Online Shop
melalui handphone di sarankan peneliti lebih teliti menyeleksi dan pengklasifikasian data
yang berupa tindak bahasa untuk mendapatkan data valid