ANALISIS TINGKAT PERTANYAAN DALAM MATERI GEOMETRI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERDASARKAN TEORI VAN HIELE
Abstract
Sunardi (1999:52) mengemukakan bahwa penyajian bahan geometri dalam
buku paket matematika SMP harus mempertimbangkan tingkat berpikir anak,
aktivitas yang kaya dengan keragaman pengalaman, dan materi geometri yang
diberikan. Lebih lanjut Piaget (dalam Sunardi, 2006:72) meyakini bahwa jika tingkat
sajian pembelajaran atau tugas terlalu jauh dari tingkat berpikir siswa maka belajar
tidak mungkin terjadi atau secara psikologis siswa tidak siap belajar. Salah satu sajian
yang terdapat dalam buku teks matematika yang harus mempertimbangkan tingkat
berpikir siswa adalah tingkat pertanyaan pada soal khususnya pada soal geometri.
Salah satu teori yang mempertimbangkan tingkat perkembangan berpikir siswa dalam
geometri adalah teori van Hiele. Berdasarkan uraian tersebut, dilakukan penelitian
yang bertujuan untuk mendeskripsikan persentase jumlah pertanyaan dalam materi
geometri pada buku teks matematika SMP kelas VIII berdasarkan teori van Hiele
untuk masing-masing tingkatan dan deskriptornya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian
yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pertanyaan geometri ke dalam
tingkatan van Hiele berdasarkan deskriptor tingkatan van Hiele. Sumber yang
digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks matematika SMP kelas VIII yang
berjudul Berlogika dengan Matematika 2 untuk Kelas VIII SMP dan MTs, diterbitkan
oleh Platinum, ditulis oleh Umi Salamah, dan dicetak pada tahun 2012. Metode
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi.
Dalam penelitian ini data yang diperoleh dengan metode dokumentasi berupa
pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam materi geometri untuk SMP kelas VIII.
viii
Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan diklasifikasikan berdasarkan deskriptor
tingkatan van Hiele. Hasil pengklasifikasian tersebut akan dianalisis oleh peneliti.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, persentase jumlah
pertanyaan geometri untuk masing-masing tingkatan dan deskriptornya berdasarkan
teori van Hiele dalam buku penunjang matematika SMP kelas VIII terbitan Platinum
dapat diklasifikasikan dalam 4 tingkatan van Hiele yaitu tingkat visualisasi, analisis,
deduksi informal, dan deduksi dengan persentase jumlah pertanyaan geometri dari
490 soal yang memuat 796 pertanyaan adalah 4,4% tingkat visualisasi terdiri dari 35
pertanyaan yang terbagi atas 0,38% deskriptor 1a; 0,25% deskriptor 1c; 3,14%
deskriptor 2; 0,13% deskriptor 5; 0,25% deskriptor 6; 0,25% deskriptor 7b; 56,5%
tingkat analisis terdiri dari 450 pertanyaan yang terbagi atas 3,52% deskriptor 1;
5,03% deskriptor 2; 5,28% deskriptor 3a; 6,78% deskriptor 4a; 0,75% deskriptor 4b;
1,13% deskriptor 5; 2,26% deskriptor 6b; 0,75% deskriptor 7; 30,78% deskriptor 9;
0,25% deskriptor 10a; 38,1% tingkat deduksi informal terdiri dari 303 pertanyaan
yang terbagi atas 0,13% deskriptor 1a; 0,5% deskriptor 1b; 2,01% deskriptor 1c;
6,41% deskriptor 2a; 28,52% deskriptor 5; 0,13% deskriptor 6a; 0,38% deskriptor 6c;
dan 1% tingkat deduksi terdiri dari 8 pertanyaan yang terbagi atas 0,88% deskriptor
4; 0,13% deskriptor 5. Buku teks tersebut didominasi oleh pertanyaan geometri yang
termasuk dalam tingkat analisis dan tidak terdapat pertanyaan yang termasuk dalam
tingkat rigor. Sebaiknya jumlah pertanyaan geometri yang termasuk dalam tingkat
analisis dikurangi, sedangkan jumlah pertanyaan geometri yang termasuk dalam
tingkat deduksi informal ditambah. Pada buku penunjang matematika SMP kelas VIII
terbitan Platinum tersebut terjadi penumpukan soal dalam deskriptor 9 pada tingkat
analisis yang terdiri dari 245 pertanyaan dan dalam deskriptor 5 pada tingkat deduksi
informal yang terdiri dari 227 pertanyaan. Seharusnya pertanyaan-pertanyaan pada
deskriptor tersebut dapat dibagi dalam masing-masing deskriptor yang lain secara
berimbang agar terjadi ragam kegiatan pembelajaran pada siswa.