PENGARUH DIMENSI VARIABEL RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TABUNGAN BRITAMA PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Dimensi Variabel Relationship
Marketing terhadap Loyalitas Konsumen Tabungan Britama pada Bank Rakyat
Indonesia Cabang Jember”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 
dimensi variabel Relationship Marketing yang terdiri atas kepunyaan/rasa
memiliki(belonging),  komunikasi (communication),  kustomisasi (customization), 
diferensiasi (differentiation), personalisasi (personalization), hadiah/balas jasa
(rewarding), keamanan (security), kenyamanan (convenien) terhadap loyalitas
konsumen tabungan Britama pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember. 
Responden dalam penelitian ini adalah konsumen atau nasabah penabung 
Britama yang sedang bertransaksi pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember
periode Desember 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data 
primer yang diperoleh langsung dari kuesioner yang diisi oleh konsumen. Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi Logistik 
Multinomial dengan menggunakan bantuan SPSS.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dimensi variabel relationship 
marketing yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen tabungan
Britama pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember Logit 1 adalah variabel
kepunyaan/ rasa memiliki (belonging) dengan indikator fasilitas fisik sebesar 
0,067 dan variabel hadiah/balas jasa (rewarding) dengan indikator memberikan
hadiah sebesar 0,023, sedangkan dimensi variabel relationship marketing yang 
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen  tabungan Britama pada Bank 
Rakyat Indonesia Cabang Jember Logit 2 adalah variabel kepunyaan/ rasa
memiliki (belonging) dengan indikator fasilitas fisik sebesar 0,082, variabel 
komunikasi (communication) dengan indikator koran/majalah sebesar 0,087, 
variabel hadiah/balas jasa (rewarding) dengan indikator  promosi sebesar 0,095 
dan variabel keamanan (security) dengan indikator  keamanan bertransaksi
sebesar 0,092.