PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS IV DALAM MEMECAHKAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERISTIWA ALAM SD NEGERI WIROLEGI 03 JEMBER
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat fundamental bagi setiap
individu baik secara formal maupun nonformal untuk menghadapi kerasnya hidup
dan beratnya tantangan di masa yang akan datang. Pendidikan diawali dengan proses
belajar untuk mengetahui suatu hal dan mengolah informasi tersebut untuk
diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu satu cara yang ditempuh adalah
dengan meningkatan mutu dan kualitas pendidikan serta memperluas akses
pendidikan untuk masyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah bidang studi
yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat
dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wirolegi 03 Jember Tahun Pelajaran 20122013
denganjumlahsiswasebanyak50siswa.Kondisiyangterjadipadasiswakelas
adalah kuranganya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada
pembelajaran IPS pokok bahasan peristiwa alam mengakibatkan rendahnya nilai tes
dalam kemampuan memecahkan masalah. Ketika proses pembelajaran IPS sedang
berlangsung masih banyak siswa yang enggan untuk mengikuti pelajaran. Hal ini
dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang berbicara sendiri, mondar-mandir,
banyak siswa yang bermain sendiri dengan teman sebangkunya, dan enggan
mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Cara yang digunakan untuk
mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan pendekatan pembelajaran yang
bermakna yaitu pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM). Pendekatan Sains
Teknologi dan Masyarakat merupakan suatu pendekatan pembelajaran dengan
pengujian pemahaman menggunakan kemampuan berfikir siswa dalam
memecahkan masalah serta menuntut ide dan kreatifitas siswa. Penggunaan
pendekatan Sains teknologi dan masyarakat ini sengaja peneliti pilih karena ingin
menciptakan suasana kelas menjadi penuh makna dan menjadikan siswa aktif dalam
proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan
kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas IV SDN Wirolegi 03 melalui
pendekatan sains teknologi dan masyarakat (STM) pokok bahasan peristiwa alam.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah meningkatkan kemampuan siswa
dalam memecahkan masalah melalui pendekatan sains teknologi dan masyarakat
(STM) pelajaran IPS pokok bahasan peristiwa alam SD Negeri Wirolegi 03.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sains teknologi
dan masyarakat,
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
wawancara dan tes. Hasil wawancara yang dilakukan pada dua siswa yaitu Pinky
Fitria Rahmat dan Siti Aisyah. Pingky menyatakan sangat senang mengikuti
pembelajaran menggunakan pendekatan STM karena pendekatan STM tersebut
mendorong Pinky untuk berfikir kritis, sedangkan menurut Aisyah pembelajaran
menggunakan pendekatan STM sangat sulit hal tersebut disebabkan Aisyah tidak
terbiasa dengan pembelajaran yang mendorong untuk berfikir kritis. Hasil penelitian
yang telah dilakukan menunjukkan terjadi peningkatan nilai hasil kemampuan
memecahkan masalah dari sebelum tidakan, siklus I, sapi ke siklus II. Hal ini
ditunjukkan dari nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 48%, siklus I meningkat
menjadi 60%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan
sains teknologi dan masyarakat dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah pembelajaran IPS pokok bahasan peristiwa alam pada siswa
kelas IV SDN Wirolegi 03 Jember tahun 2012-2013, yaitu skor rata-rata yang
diperoleh sebelum adanya tindakan sebesar 48%, siklus I sebesar 60% sehingga
terjadi peningkatan antara sebelum adanya tindakan dan siklus I sebesar 12% ,
sedangkan pada siklus II sebesar 88%, sehingga terjadi peningkatan antara siklus I
dengan siklus II sebesar 28%.
Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) diharapkan guru dapat
menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat sebagai alternatif dalam
proses pembelajaran, (2) bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan
suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi, (3) penelitian ini
bisa memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka mengembangkan dan
meningkatkan mutu pendidikan terutama di SDN Wirolegi 03 Jember khususnya, (4)
penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis
menggunakan pendekatan sains teknologi dan masyarakat.