Show simple item record

dc.contributor.advisorHasanuddin, Akhmad
dc.contributor.advisorNurtanto, Dwi
dc.contributor.authorHandayani, Lestari
dc.date.accessioned2016-01-29T06:59:15Z
dc.date.available2016-01-29T06:59:15Z
dc.date.issued2016-01-29
dc.identifier.nim111910301069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72976
dc.description.abstractPerkerasan Kaku (rigid pavement) atau lebih dikenal sebagai perkerasan beton semen, merupakan suatu susunan konstruksi perkerasan dengan bahan baku agregat dan semen sebagai pengikatnya. Satu lapis beton semen mutu tinggi (sesuai kelasnya) pada konstruksi ini merupakan konstruksi utama.(Anas Aly, 2004), yang diletakkan diatas pondasi atau langsung diatas subgrade. Tahapan pelaksanaan penelitian ini yaitu mengambil data primer di lapangan yaitu CBR tanah dengan menggunakan dynamic cone penetrometer dan Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) dengan pengamatan di lapangan selama satu hari. Hasil data digunakan untuk menghitung jumlah sumbu kendaraan niaga (JSKN) dan CBR tanah dasar. Metode perhitungan menggunakan Metode Bina Marga 2003. Nilai JSKN dan CBR tanah efektif dimasukkan ke dalam kurva perencanaan. Dari hasil ini diketahui tegangan ekivalen dan faktor erosi. Masing-masing nilai dilakukan interpolasi dari tebal plat beton yang direncanakan. Kemudian menghitung penulangan yang dibutuhkan pada perkerasan kaku. Dari hasil perhitungan CBR tanah dasar dan lalu lintas harian rata-rata (LHR) didapat tebal perkerasan kaku 230 mm. Dengan tulangan memanjang diameter 19 mm jarak 110 mm, tulangan melintang diameter 16 jarak 110 mm, dowel menggunakan diameter 32 mm jarak 300mm dan tie bar menggunakan diameter 16 mm jarak 900 mm.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPerkerasan Kakuen_US
dc.titlePERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU MENERUS DENGAN TULANGAN JALAN M.H. THAMRIN KAB. JEMBER, PROV. JAWA TIMURen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record