| dc.description.abstract | Prosees  pembelajaran  di  SMP  Negeri  1  Sempu  masih  kurang  melibatkan 
keaktifan  siswa,  kegiatan  pembelajaran  masih  berpusat  pada  guru  yang  berakibat 
terjadinya bentuk komunikasi satu arah yaitu dari guru kepada siswa. Selain itu, hasil 
belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  IPS  Terpadu  (Ekonomi)  masih  belum  memenuhi 
Kriteria  Ketuntasan  Minimum  yang  di  tetapkan  pihak  sekolah.  Untuk  itu  guru  perlu 
mencoba  menerapkan  strategi  pembelajaran  yang  sesuai  untuk  meningkatkan 
aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa.  Salah  satu  strategi  pembelajaran  yang  dapat 
meningkatkan  aktivitas  sekaligus  hasil  belajar  siswa  adalah  strategi  pembelajaran 
Genius  Learning.  Rumusan  masalah  yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah 
bagaimanakah  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  dengan  diterapkannya 
strategi Genius Learning pada materi pokok Pelaku Ekonomi?. Tujuan penelitian ini 
adalah  untuk  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  pada  materi  pokok 
Pelaku Ekonomi. 
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang bermaksud 
memperbaiki  atau  meningkatkan  proses  pembelajaran.  Subyek  dalam  penelitian  ini 
adalah  siswa  kelas  VIII-D  SMP  Negeri  1  Sempu  -  Banyuwangi.  Rancangan  dalam 
penelitian  dilaksanakan  sebanyak  2  siklus  dan  setiap  siklus  terdiri  dari  perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data 
yang  digunakan  metode  observasi,  metode  tes,  metode  wawancara  dan  metode 
dokumentasi.  Sedangkan  metode  analisis  data  menggunakan  metode  analisis 
diskriptif kualitatif.  
Hasil penelitian diperoleh aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I 
pertemuan  ke-1  mencapai  59,33%  masih  termasuk  dalam  kategori  sedang,  siklus  I 
pertemuan ke-2 sebesar 67,13% termasuk dalam kategori aktif dan siklus II mencapai 
75,70%  termasuk  dalam  kategori  aktif.  Adapun  rata-rata  hasil  belajar  siswa  secara 
klasikal  pada  siklus  I  sebesar  69,69  dengan  ketuntasan  belajar  klasikal  sebesar 
48,39%.  Rata-rata  hasil  belajar  siswa  secara  klasikal  pada  siklus  II  sebesar  76,81 
dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 75,86%.  
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  terjadi  peningkatan 
aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  pada  materi  pokok  Pelaku  Ekonomi  dengan 
diterapkannya strategi Genius Learning. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian 
ini adalah hendaknya  guru mata pelajaran  IPS Terpadu (Ekonomi) di SMP Negeri 1 
Sempu  menerapkan  strategi  Genius  Learning  yang  dapat  dijadikan  alternatif  dalam 
pembelajarkan  siswa  pada  pelajaran  IPS  Terpadu  (Ekonomi)  materi  pokok  Pelaku 
Ekonomi,  dan  hendaknya  menerapkan  suatu  strategi  pembelajaran  yang  tepat  dan 
sesuai  dengan  pokok  bahasan  yang  akan  disampaikan  serta  agar  memberikan 
remedial kepada sebagian kecil siswa yang masih belum tuntas hasil belajarnya pada 
pembelajaran siklus II yang telah diberikan. | en_US |