KONSTRUKSI ESTETIS POLA KONSUMSI PADA IKLAN TELEVISI “OREO”
Abstract
Iklan televisi merupakan iklan yang mendukung televisi sebagai media penyiaran
publik, terutama segala aspek yang berhubungan dengan promosi. Sehingga secara
tidak langsung dapat mempengaruhi rating acara pada stasiun televisi tersebut. Ada
hal menarik terhadap iklan televisi yaitu unsur yang dibangun terkait pola konsumsi
yang diberikan pada penonton selaku konsumen terakhir. Berdasarkan fenomena
yang dipandang cukup menarik untuk dikaji tersebut, maka penelitian ini
dilaksanakan untuk mengetahui adanya konstruksi estetis pada salah satu iklan
produk makanan Oreo yang dipandang cukup fenomenal dalam mempengaruhi pola
konsumsi penonton. Aspek-aspek yang membangun konstruksi antara lain adalah
unsur-unsur visual, narasi, dan unsur audio yang manjadi kesatuan yang harmonis
secara estetis. Kajian yang relevan untuk membedah kosntruksi estetis iklan televisi
produk makanan Oreo ini adalah kajian estetis yang diposisikan sebagai grand teori
dan didukung dengan model analisis semiotik Christian Metz dalam konteks wacana
kritis. Hasil penelitian yang diperoleh dalam kajian ini adalah dibuktikannya
beberapa unsur terkait visual, naratif, dan audio yang secara konstruktif membentuk
pola konsumsi yang memperkuat ideologi estetis pada iklan televisi.