UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN BERMOTOR 4 TAK BERBAHAN BAKAR CAMPURAN METHANOL – PREMIUM (M05, M10, DAN M15)
Abstract
Pemakaian bahan bakar fosil saat ini masih menjadi prioritas untuk segala
kebutuhan manusia. Namun seiring dengan tingginya permintaan bahan bakar fosil,
jumlah ketersediaannya semakin berkurang. Hal tersebut dapat diatasi dengan
penggunaan bahan bakar alternatif. Dan methanol merupakan kandidat terbaik
sebagai bahan bakar campuran premium. Dengan menambahkan methanol pada
premium diketahui dapat menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.
Penelitian ini menggunakan variasi methanol sebesar 5%, 10%, dan 15%
untuk campuran premium. Bahan bakar campuran akan diaplikasikan pada kendaraan
uji berupa motor Honda Revo 110 yang akan diuji menggunakan dynotest dan gas
analyzer.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu dengan penambahan methanol
dapat meningkatkan daya mesin, konsumsi bahan bakar akan menurun, dan juga gas
buang yang dihasilkan akan semakin membaik. Pada unjuk kerja motor, torsi rata-rata
maksimal mencapai 9,65 Nm pada 3000 rpm menggunakan M00. Daya rata-rata
maksimal mencapai 6,399 kW pada putaran 7500 rpm menggunakan M15. SFCe
terendah terdapat pada M10 yaitu 2,1597 kg/kW.jam. Pada parameter emisi gas
buang, CO dan CO2 dengan hasil terbaik terdapat pada M15. O2 dan HC terendah
juga diperoleh pada M15.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]