dc.description.abstract | Kualitas pelayanan bisa diartikan sebagai ukuran seberapa bagus tingkat
layanan yang diberikan mampu sesuai dengan harapan pengguna layanan. Kualitas
pelayanan terdapat lima dimensi yaitu reliability, empathy, assurance,
responsiveness, dan tangiable. Pelayanan di Poli KIA/KB meliputi pelayanan ibu
hamil, ibu melahirkan, ibu menyusui, bayi, balita, dan anak prasekolah. Derajat
kesehatan ibu dan anak adalah faktor penting dalam pembangunan bangsa. Sebagai
tolak ukur keberhasilan kesehatan ibu dan anak, maka indikator terpenting untuk
menilai kualitas pelayanan adalah dengan melihat Angka kematian ibu dan bayi di
wilayah tersebut. Di Jember kasus kematian ibu dan bayi cukup tinggi dan salah satu
faktor penyebab masih tingginya AKI dan AKB di Jember adalah kualitas pelayanan
yang masih belum optimal, khususnya pelayanan antenatal. Puskesmas Jember Kidul
adalah puskesmas dengan AKI dan AKB yang tergolong rendah, sedangkan
Puskesmas Sukowono termasuk puskesmas dengan AKI dan AKB yang tergolong
tinggi. Oleh karena itu, diperlukan kajian mengenai kualitas pelayanan di Puskesmas
Kabupaten Jember, khususnya Puskesmas Jember Kidul dan Puskesmas Sukowono.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan Poli KIA/KB
dengan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan di Poli KIA/KB Puskesmas Jember Kidul dan
Puskesmas Sukowono dengan menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian
analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel
dengan metode consecutive sampling dan jumlah respondennya 144 orang. Sumber
data yang digunakan adalah data primer untuk mengetahui kualitas pelayanan dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder untuk mengetahui jumlah kematian ibu
dan bayi guna menilai derajat kesehatan ibu dan anak. Data tersebut di uji
normalitasnya menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dengan hasil signifikansi
(p=0,000) dan uji Spearman’s Rho dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,690.
Berdasarkan hasil penelitian, skor kualitas pelayanan Poli KIA/KB Puskesmas
Jember Kidul sebesar 81,11, artinya masuk dalam kategori baik, dan skor kualitas
pelayanan Poli KIA/KB Puskesmas Sukowono sebesar 60,60, artinya masuk dalam
kategori cukup baik . Sedangkan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Jember
Kidul termasuk tinggi dan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas Sukowono
termasuk rendah. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas
pelayan Poli KIA/KB dengan derajat kesehatan ibu dan anak di Puskesmas
Kabupaten Jember dengan korelasi kuat. | en_US |