PENGARUH BESAR HAMBATAN LUAR KUMPARAN ROTOR BELITAN PADA MOTOR INDUKSI SATU FASA
Abstract
Motor induksi satu fasa banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Motor
induksi yang ada pada saat ini rata-rata mempunyai nilai hambatan yang besar,
torsi dan daya mekaniknya kecil. Solusi untuk permasalahan ini dilakukan analisis
penambahan hambatan luar kumparan rotor belitan pada motor induksi satu fasa,
untuk memperbaiki kinerja motor induksi satu fasa, khususnya untuk nilai
hambatan, torsi, daya mekanik, dan efisiensi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu penambahan hambatan luar berupa rheostat dan pembebanan
berupa pulley yang bersifat statis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu
motor referensi dengan pembebanan berupa pulley dan motor dengan penambahan
rheostat dan pembebanan pulley memiliki parameter kerja sama, besar hambatan
pada rotor adalah 10,495 dan pada stator adalah 11,250 . Akan tetapi torsi
yang dihasilkan pada tegangan 220 V dengan penambahan rheostat 300 yaitu
0,110 Nm, daya mekanik 109,80 Watt, efisiensi sebesar 54,23 % dan rata-rata
efisiensi motor dengan penambahan rheostat dan pembebanan pulley yang bersifat
statis lebih baik dibandingkan motor referensi dengan penambahan beban.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]