• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DAERAH dr. SOEBANDI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Yohanes Gamayana Trimawang Aji.pdf (655.7Kb)
    Date
    2016-01-27
    Author
    Aji, Yohanes Gamayana Trimawang
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit sangat berkaitan dengan mutu pelayanan keperawatan yang dilakukan perawatnya. Hal ini dikarenakan perawat merupakan jumlah tenaga dominan dari seluruh tenaga yang ada di rumah sakit. Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dengan mengacu pada standar pelayanan rumah sakit dan standar asuhan keperawatan. Dimensi dari mutu pelayanan keperawatan dibagi menjadi lima yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles. Dimensidimensi ini perlu diketahui sebagai dasar untuk menentukan tingkat kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSD dr. Soebandi Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di ruang rawat inap dengan teknik pengambilan sampel quota purposive sampling yaitu sebanyak 72 pasien. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis yang digunakan yaitu uji statistik regresi berganda, uji t dan uji F. Pada hasil diperoleh kesimpulan bahwa mutu pelayanan keperawatan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini didasarkan pada uji annova dimana nilai F hitung sebesar 30,556 dan signifikansinya 0,0001. Dimensi yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien adalah dimensi assurance sebesar 0,288 dengan nilai t hitung 6,516 dan signifikansinya 0,0001.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72634
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1621]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository