PENGARUH MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DAERAH dr. SOEBANDI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit sangat berkaitan dengan mutu
pelayanan keperawatan yang dilakukan perawatnya. Hal ini dikarenakan perawat
merupakan jumlah tenaga dominan dari seluruh tenaga yang ada di rumah sakit.
Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember meningkatkan mutu pelayanan
keperawatan dengan mengacu pada standar pelayanan rumah sakit dan standar
asuhan keperawatan. Dimensi dari mutu pelayanan keperawatan dibagi menjadi
lima yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles. Dimensidimensi
ini perlu diketahui sebagai dasar untuk menentukan tingkat kepuasan
pasien.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mutu
pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSD dr. Soebandi
Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan
pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di ruang rawat inap dengan
teknik pengambilan sampel quota purposive sampling yaitu sebanyak 72 pasien.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner.
Analisis yang digunakan yaitu uji statistik regresi berganda, uji t dan uji F.
Pada hasil diperoleh kesimpulan bahwa mutu pelayanan keperawatan berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini didasarkan pada uji annova
dimana nilai F hitung sebesar 30,556 dan signifikansinya 0,0001. Dimensi yang
paling dominan mempengaruhi kepuasan pasien adalah dimensi assurance sebesar
0,288 dengan nilai t hitung 6,516 dan signifikansinya 0,0001.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1548]