• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) PADA KOMPETENSI DASAR KEGIATAN DAN TINDAKAN EKONOMI KELAS VII.A DI SMP NEGERI 1 ARJASA KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    INDAH KURNIA ROMADHONI cover 123.pdf (622.8Kb)
    Date
    2016-01-27
    Author
    ROMADHANI, INDAH KURNIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang terjadi di sekolah tidak hanya dilakukan oleh satu pihak, tetapi juga didukung oleh beberapa komponen yang saling terkait dan berhubungan. Terdapat beberapa komponen yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran, di antaranya adalah guru, siswa, sarana, dan media yang tersedia serta faktor lingkungan. Permasalahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran IPS. Adanya kondisi tersebut perlu dicari alternatif untuk model pembelajaran yang bisa mengatasi masalah yang terjadi dalam proses belajar mengajar di kelas. Alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan menggunakan pembelajaran dengan model Curah Pendapat (Brainstorming). Pelaksanaan Pembelajaran dengan model Curah Pendapat (Brainsorming) tersebut siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dan gagasannya yang berasal dari peserta didik yang latar belakangnya berbeda-beda, sehingga menghasilkan sebanyak mungkin pendapat dan gagasan yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kompetensi dasar kegiatan dan tindakan ekonomi kelas VII.A di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2015/2016. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas tentang model Curah Pendapat (Brainstorming) diterapkan, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar kegiatan dan tindakan ekonomi kelas VII.A di SMP Negeri 1 Arjasa Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2015/2016. Skor aktivitas belajar siswa sebelum menerapkan Curah Pendapat (Brainstorming) sebesar 60,14%, sedangkan skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 73,00%, dan skor pada siklus II sebesar 83,88% yang masuk dalam kategori aktif. Jadi, terjadi peningkatan aktivitas belajar setelah menggunakan Curah Pendapat (Brainstorming). Penerapan Curah Pendapat (Brainstorming) dalam pembelajaran IPS khususnya pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dengan menggunakan Curah Pendapat (Brainstorming) pada siklus 1 rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 76,52 dengan ketuntasan klasikal sebesar 73,915. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus 2 rata-rata nilai yang diperoleh siswa sebesar 82,39 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,50%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan mengenai hasil belajar siswa dapat diketahui bahwa dengan menggunakan Curah Pendapat (Brainstorming) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka saran yang dapat peneliti berikan yaitu bagi guru, hendaknya terus meningkatkan dan memvariasi model pembelajaran yang diterapkan di kelas. Dan bagi sekolah, untuk lebih meningkatkan fasilitas sekolah terutama media elektronik guna menunjang proses pembelajaran di sekolah serta lebih meningkatkan perhatian terhadap aktivitas siswa dalam belajar karena dapat mempengaruhi hasil belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72589
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository