PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HOTEL PALM BONDOWOSO
Abstract
Perhitungan analisis penelitian tahap I dengan menggunakan uji F diperoleh nilai
F hitung sebesar 8,607 yang lebih besar dari nilai F table 2,19 hal ini menunjukkan
variabel keandalan (X1), daya tanggap (X2), jaminan (X3), empati (X4), dan bukti
langsung (X5,) secara simultan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan (Y1).
Sedangkan hasil perhitungan dengan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel
keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti langsung terhadap kualitas
pelayanan maka diperoleh nilai t hitung untuk masing-masing variabel adalah : untuk
variabel keandalan nilai t hitungnya sebesar 4.868 lebih besar dari t table (2,00),
variabel daya tanggap nilai t hitungnya sebesar -1.313 lebih kecil dari t table (2,00),
variabel jaminan nilai t hitungnya sebesar -.084 lebih kecil dari t table (2,00), variabel
empati nilai t hitungnya sebesar 0.541 lebih kecil dari t table (2,00), variabel bukti
langsung nilai t hitungnya sebesar 1.081 lebih besar dari t table (2,00) hal ini berarti
bahwa variabel keandalan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang
dominan atau signifikan terhadap kualitas pelayanan diantara variabel yang lainnya.
Perhitungan analisis penelitian tahap II dengan menggunakan uji F diperoleh nilai
F hitung sebesar 2,843 yang lebih besar dari nilai F table 2,19 hal ini menunjukkan
variabel keandalan (X1), daya tanggap(X2), jaminan (X3), empati (X4), bukti langsung
(X5,) dan kualitas pelayanan (Y1). secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen(Y2). Sedangkan hasil perhitungan dengan uji t untuk mengetahui
pengaruh variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti langsung dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen maka diperoleh nilai t hitung untuk
masing-masing variabel adalah : untuk variabel keandalan nilai t hitungnya sebesar -
1.035 lebih kecil dari t table (2,00), variabel daya tanggap nilai t hitungnya sebesar
2.001 lebih besar dari t table (2,00), variabel jaminan nilai t hitungnya sebesar 1.305
lebih kecil dari t table (2,00), variabel empati nilai t hitungnya sebesar -0.199 lebih
kecil dari t table (2,00), variabel bukti langsung nilai t hitungnya sebesar 0.643 lebih
kecil dari t table (2,00) dan variabel kualitas pelayan nilai t hitungnya sebesar 0.343
lebih kecil dari t table (2,00) hal berarti bahwa variabel daya tanggap merupakan
variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan atau signifikan terhadap kepuasan
konsumen diantara variabel yang lainnya.