PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO MELALUI KEGIATAN PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS X7 SMA NEGERI 1 KENCONG
Abstract
Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri
1 Kencong dalam pembelajaran menulis teks pidato masih belum mencapai
ketuntasan belajar. Salah satu faktor penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang
digunakan guru masih bersifat tradisional, sehingga mengakibatkan siswa menjadi
pasif dalam belajar. Penerapan kegiatan peer correction digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks pidato. Penerapan peer
correction dipilih karena dengan teknik ini siswa dilibatkan secara langsung dalam
kegiatan koreksi kesalahan berbahasa yaitu menulis. Kegiatan peer correction
diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai aturan-aturan yang
benar dalam menulis, sehingga kemampuan siswa dalam menulis menjadi meningkat.
Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini mengangkat permasalahan (1)
bagaimanakah penerapan kegiatan peer correction untuk meningkatkan kemampuan
menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) bagaimanakah
kemampuan menulis siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong dalam menulis teks
pidato setelah diterapkan kegiatan peer correction. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan kegiatan peer
correction untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7
SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato
siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong setelah diterapkan kegiatan peer correction.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing
dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan dan dilakukan kolaborasi antara peneliti dengan
viii
guru. Data diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan dalam suatu kegiatan
pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas X7
SMA Negeri 1 Kencong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis teks
pidato melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong
mengalami peningkatan.