PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan
Corporate Social Responsibility (CSR) dan ukuran perusahaan terhadap Earnings
Response Coefficient (ERC) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia (BEI).
Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di
Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011. Penarikan sampel dengan menggunakan
metode purposive sampling. Peneliti penggunakan 30 (tiga puluh) perusahaan
sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling
pada perusahan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 20092011,
sehingga
total
observasi
dalam
penelitian
ini
adalah
sebanyak
90
observasi.
Metode
analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian
hipotesis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibilty
berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap Earnings Response
Coefficient, sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan secara
parsial terhadap Earnings Response Coefficient pada perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2011.