PENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X.5 SMA Negeri 1 Pakusari Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Materi Pelaku Ekonomi)
Abstract
Proses  pembelajaran  ekonomi  yang  selama  ini  berlangsung  di  SMA  N  1 
pakusari masih konvensional, dengan menggunakan media papan tulis dan OHP. Hal 
tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi 
yang  dipelajari.  Siswa  harus  berpartisipasi  secara  langsung  dalam  proses 
pembelajaran agar memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami materi yang 
diajarkan.  Oleh  karena  itu  guru  harus  selektif  dalam  memilih  media  pembelajaran 
yang  sesuai  dengan  karakteristik  mata  pelajaran  ekonomi  khususnya  materi  pelaku 
ekonomi agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 
Pokok  materi  pelaku  ekonomi  untuk  siswa  kelas  X  mempunyai  komponen-
komponen  yang  sangat  kompleks.  Sumber  belajar  yang  dibutuhkan  banyak  yang 
tidak  dapat  diterjunkan  ke  kelas  dan  siswa  harus  terjun  langsung  ke  lapangan  untuk 
mengetahui keadaan yang riil. Untuk dapat  melaksanakannya dibutuhkan waktu lama 
dan  pengorganisasian  siswa  yang  cenderung  sulit,  sehingga  dalam  proses 
pembelajaran  diperlukan  bantuan  media  yang  efektif  dan  efisien  yang  dapat 
menampilkan  gambar  dan  video  yang  berhubungan  dengan  pokok  materi  pelaku 
ekonomi. 
Salah  satu  media  yang  sesuai  dengan  karakteristik  mata  pelajaran  ekonomi 
pokok materi pelaku ekonomi adalah media CD Interaktif. Media tersebut digunakan 
sebagai  penyalur  pesan  pembelajaran  yang  melibatkan  siswa  secara  aktif  dalam 
proses  komunikasinya,  untuk  mengatasi  kejenuhan  siswa  selama  menerima  materi 
pelajaran.  Menurut  Hofstetter  (dalam  Mulyanta  dan  Marlon,  2009:1)  multimedia dalam  dunia  komputer  adalah  pemanfaatan  komputer  untuk  menggabungkan  teks, 
grafik,  audio,  gambar  bergerak  (video  dan  animasi)  menjadi  satu  kesatuan  link  dan 
tool  yang  tepat  sehingga  memungkinkan  pemakai  multimedia  dapat  melakukan 
navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. 
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  Tindakan  Kelas  yang  dalam 
pelaksanaannya  terdiri  dari  dua  siklus,  dimana  masing-masing  siklus  terdiri  dari  4 
fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan 
di SMA Negeri 1 Pakusari di kelas X.5 pada pelajaran ekonomi pokok materi pelaku 
ekonomi.  Pemilihan  lokasi  menggunakan  metode  purposive  area,  yaitu  pemilihan 
tempat  atau  lokasi  penelitian  dilakukan  dengan  sengaja  dan  ditentukan  sendiri  oleh 
peneliti.  Untuk  mengumpulkan  data  dalam  penelitian  ini  digunakan  metode, 
observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. 
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  dengan  penerapan  media  Interaktif, 
motivasi  belajar  siswa  menjadi  meningkat.  Skor  motivasi  belajar  siswa  sebelum 
penerapan media Interaktif sebesar 2,2, sedangkan skor motivasi belajar pada siklus I 
sebesar  3,1,  dan  pada  siklus  II  3,8.  Motivasi  belajar  siswa  terus  mengalami 
peningkatan  seiring  dengan  perbaikan  cara  mengajar  guru.  Selain  itu  hasil  belajar 
siswa  kelas  X.5  mengalami  peningkatan  setelah  penggunaan  media  Interaktif.  Pada  
siklus I persentase ketuntasan  hasil  belajar siswa  sebesar  70,73%, dan pada siklus II 
sebesar 87,80%. Persentase tersebut memberikan informasi bahwa hasil belajar kelas 
X.5  dapat  dikatakan  tuntas.  Dari  hasil  penelitian  tersebut  diatas  menunjukkan 
penggunaan  media  CD  Interaktif  dapat  meningkatkan  motivasi  dan  hasil  belajar 
siswa.  Peneliti  menyarankan  agar  guru  ekonomi  di  SMA  Negeri  1  Pakusari  terus 
dapat  menggunakan  media  pembelajaran  tersebut  untuk  menunjang  proses  belajar 
mengajar.
