ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR AYAT JURNAL PENYESUAIAN PADA SISWA AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Pada dasarnya banyak hal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar ayat jurnal penyesuaian. Kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X akuntansi di SMK Negeri 1 Jember khususnya pada materi ayat jurnal penyesuaian dapat berasal dari faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern dalam kesulitan belajar siswa diantaranya adalah keterampilan siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian, ketelitian siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian, dan cara belajar siswa yang kurang tepat dalam pelajaran akuntansi, sedangkan faktor eksternnya adalah cara mengajar guru yang kurang variatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Kesulitan belajar ayat jurnal penyesuaian ini dapat berdampak pada rendahnya pemahaman siswa dan rendahnya nilai siswa dalam materi tersebut.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis penyebab kesulitan belajar ayat jurnal penyesuaian pada siswa akuntansi kelas X SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2013/2014, sehingga tujuan penelitian tersebut sesuaian dengan hasil penelitian ini yaitu penyebab kesulitan belajar ayat jurnal penyesuaian pada siswa adalah kurangnya keterampilan siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: observasi, wawancara, uji tes soal dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar ayat jurnal penyesuaian pada siswa akuntansi kelas X AK 2 dan AK 3 berasal dari faktor intern yaitu kurangnya keterampilan siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian yang meliputi kurangnya keterampilan siswa menganalisis data transaksi, menentukan nama akun, menghitung data transaksi dan menentukan letak akun. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti berikan yaitu bagi guru akuntansi kelas X SMK Negeri 1 Jember sebaiknya guru lebih variatif dalam menggunakan metode pembelajaran dan lebih sering memberikan latihan tugas agar keterampilan siswa dalam mengerjakan ayat jurnal penyesuaian terus meningkat sehingga siswa tidak mengalami kesulitan belajar. Bagi siswa kelas X SMK Negeri 1 Jember, hendaknya siswa lebih banyak-banyak berlatih mengerjakan soal-soal ayat jurnal penyesuaian agar siswa lebih terampil dalam menganalisis data transaksi, menentukan nama akun, menghitung data transaksi dan menentukan letak akun.