• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK KECIL BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (Studi Di SMK PGRI 05 Jember Kelas 2 APk1 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan Struktur Sosial Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi1_Arie Eko Cahyono_1_17.pdf (227.0Kb)
    Date
    2013-07-24
    Author
    ARIE EKO CAHYONO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMK PGRI 05 Jember masih menggunakan metode konvensional, yaitu berupa metode ceramah. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa masih belum meningkat. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan metode dalam proses pembelajaran yang sesuai untuk meningkatan pemahaman siswa yaitu dengan bimbingan kelompok kecil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan keterampilan bimbingan kelompok kecil dan apakah pemahaman konsep siswa dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas 2APk 1 semester ganjil di SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2011/2012. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan bimbingan kelompok kecil dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan pemahaman dapat diketahui dari hasil siswa mengerjakan lembar kerja siswa yang dilakukan pada saat pembelajaran IPS. Pada siklus pertama, dari 50 siswa ada 26 siswa yang mendapat nilai dibawah 75. Sedangkan pada siklus kedua dari 50 siswa yang mengikuti pembelajaran ada 12 orang yang mendapat nilai dibawah 75. Pada siklus ketiga dari 50 siswa hanya 6 siswa yang mendapat nilai dibawah 75. Oleh karena itu, bimbingan kelompok kecil berbantuan lembar kerja siswa dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/722
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository