PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK KECIL BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (Studi Di SMK PGRI 05 Jember Kelas 2 APk1 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan Struktur Sosial Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Metode pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMK PGRI 05 Jember
masih menggunakan metode konvensional, yaitu berupa metode ceramah. Hal ini
menyebabkan hasil belajar siswa masih belum meningkat. Oleh sebab itu, guru
perlu menerapkan metode dalam proses pembelajaran yang sesuai untuk
meningkatan pemahaman siswa yaitu dengan bimbingan kelompok kecil.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan keterampilan
bimbingan kelompok kecil dan apakah pemahaman konsep siswa dapat
meningkatkan pemahaman siswa. Penelian ini bertujuan untuk meningkatkan
pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas 2APk 1 semester ganjil di SMK
PGRI 05 Jember tahun ajaran 2011/2012. Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang
masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi
dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan
bimbingan kelompok kecil dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Peningkatan pemahaman dapat diketahui dari hasil siswa mengerjakan lembar
kerja siswa yang dilakukan pada saat pembelajaran IPS. Pada siklus pertama, dari
50 siswa ada 26 siswa yang mendapat nilai dibawah 75. Sedangkan pada siklus kedua dari 50 siswa yang mengikuti pembelajaran ada 12 orang yang mendapat
nilai dibawah 75. Pada siklus ketiga dari 50 siswa hanya 6 siswa yang mendapat
nilai dibawah 75. Oleh karena itu, bimbingan kelompok kecil berbantuan lembar
kerja siswa dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman
konsep siswa.