PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X-AK SMK NEGERI I TANGGUL PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar siswa yang
bersangkutan. Prestasi belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor,
diantaranya adalah partisipasi siswa di dalam pembelajaran. Untuk dapat mengetahui
pengaruh partisipasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanggul
Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 maka diperlukan penelitian lebih lanjut.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh
partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas
X SMK Negeri 1 Tanggul Jember Semester Genap ?, (2) Seberapa besar pengaruh varibel
partisipasi siswa terhahadap prestasi belajar siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: pengaruh yang signifikan Partisipasi siswa terhadap perilaku Prestasi belajar
Akuntansi siswa X AK SMK Negeri 1 Tanggul Jember Pada Semester Genap Tahun
Ajaran 2010/2011. Adapun hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh yang signifikan
Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi belajar Akuntansi siswa X AK
SMK Negeri 1 Tanggul Jember Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian
menggunakan metode purposive. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan
metode sample sebanyak 55 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari
metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan uji
validitas, uji reliabilitas, garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan
koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partisipasi belajar siswa berpengaruh
signifikan terhadap Prestasi belajar Akuntansi. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan Nilai F-hitung sebesar 27,359 (p = 0,000) dan nilai F-tabel sebesar 4,023,
maka F-hitung > F-tabel (27,359 > 4,023), berarti variabel partisipasi belajar siswa
berpengaruh secara signifikan terhadap variabel prestasi belajar Akuntansi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui ada pengaruh positif Partisipasi
Belajar Siswa terhadap Prestasi belajar Akuntansi. Oleh karena itu, peneliti menyarankan,
Hendaknya guru dapat membantu meningkatkan disiplin belajar siswa dengan cara
memberi kesempatan kepada siswa untuk selalu bertanya mengenai materi yang
dijelaskan dan siswa hendaknya langsung bertanya kepada guru jika susah mencerna
materi yang diterangkan oleh guru di depan kelas untuk mendapatkan pemahaman yang
lebih mendalam. Kepada pihak sekolah untuk lebih menyediakan refrensi buku-buku
akuntansi yang bervariasi agar dapat dipinjam oleh siswa dan guru perlu memberikan
penugasan-penugasan yang menuntut siswa untuk mencari literatur lain, seperti
penugasan kepada siswa untuk mencari soal-soal untuk dibawa ke forum diskusi kelas.