Show simple item record

dc.contributor.advisorKantun, Sri
dc.contributor.advisorSedyati, Retna Ngesti
dc.contributor.authorMaimuna
dc.date.accessioned2016-01-25T01:36:18Z
dc.date.available2016-01-25T01:36:18Z
dc.date.issued2016-01-25
dc.identifier.nim100210301113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72052
dc.description.abstractPenggunaan media powerpoint yang kurang menarik dapat mengakibatkan motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut terjadi di SMA Negeri Arjasa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan pada kompetensi dasar (KD) mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya pengawetan bahan nabati dan hewani berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya. Motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah terjadi di kelas X IPS 2. CD interaktif merupakan media yang multi arah, sehingga siswa dan guru sama-sama aktif. Penggunaan media CD interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar khususnya pada KD konsep kewirausahaan dalam menjalankan sebuah wirausaha pengawetan bahan nabati dan hewani. CD interaktif terdiri dari KI dan KD, powerpoint presentation (PPT), bahan ajar, gambar, video, daftar nama anggota kelompok, dan latihan. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media CD interaktif, dan untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini menggunakan model skema spiral dimana tiap siklus mencakup empat fase, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat fase merupakan satu siklus. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode observasi, tugas, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media CD interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I termasuk pada kategori sedang, dan pada siklus II termasuk dalam kategori tinggi. Peningkatan motivasi belajar juga diikuti oleh peningkatan hasil belajar siswa. Ketuntasan individu pada siklus I yaitu, terdapat 25 siswa tuntas dan 11 siswa tidak tuntas karena nilai dibawah KKM yaitu < 2,67. Pada siklus II seluruh siswa tuntas, karena nilai siswa sudah memenuhi KKM yaitu ≥ 2,67. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 69,44%, dan siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 100%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMedia CD (Compact Disc) Interaktifen_US
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA CD (COMPACT DISC) INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X IPS 2 pada Kompetensi Dasar Konsep Kewirausahaan dalam Menjalankan Sebuah Wirausaha Pengawetan Bahan Nabati dan Hewani SMA Negeri Arjasa Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record