EKSISTENSI PERAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH MELALUI KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN GAJAH MADA JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Pendidikan luar sekolah muncul karena adanya ketidak seimbangan anatara
Pendidikan di Sekolah dengan kenyataan saat ini. Pendidikan Luar Sekolah
memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satu kegiatan Pendidikan Luar
Sekolah yang banyak diminati masyarakat adalah kursus atau pelatihan. Lembagalembaga
kursus di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir tumbuh sangat pesat
namun masih banyak pula lembaga kursus yang berjalan terseok-seok. Hal ini
berdampak pada keberlangsungan lembaga kursus yang hanya bertahan beberapa
tahun, akan tetapi kondisi tersebut tidak berlaku pada salah satu lembaga Kursus di
Kabupaten Jember yaitu Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada yang mampu
bertahan dari Tahun 1980 sampai 2011. Lembaga Kursus dan Pelatihan Gajah Mada
ini telah banyak menghasilkan lulusan yang mempunyai bekal berupa keterampilan
mengoperasikan komputer yang dapat mereka manfaatkan di dunia kerja. Kelebihan
kursus inilah yang menjadi tujuan bagi peneliti untuk mengetahui ada tidaknya
Eksistensi Peran Pendidikan Luar Sekolah melalui kursus komputer di Lembaga
Kursus dan Pelatihan Gajah Mada Tahun Pelajaran 2010/2011.
Daerah penelitian yang digunakan adalah di Lembaga Kursus dan Pelatihan
Gajah Mada Jl. Gajah Mada No 1 Jember Propinsi Jawa Timur berdasarkan metode
purposive. Informan kunci adalah 10 peserta kursus komputer di Lembaga Kursus
dan Pelatihan Gajah Mada yang telah memenuhi kriteria dengan menggunakan
metode purposive sampling berdasarkan kriteria, sedangkan informan pendukungnya
adalah penyelenggara dan tutor. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dan
ix
jenis penelitiannya adalah penelitian non eksperimental. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan melalui tiga alur yaitu reduksi data, mengkaji data, dan penarikan
kesimpulan.