ANALISIS DESKRIPTIF SOAL MATEMATIKA PADA SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMA/SMK TAHUN AJARAN 2012/2013 DAN 2013/2014 KABUPATEN JEMBER
Abstract
Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan program
kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia mengenai penerimaan
peserta didik baru untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Soal PPDB sebagai
alat penyeleksi yang bertujuan untuk menyaring peserta didik baru yang mempunyai
kemampuan tinggi agar dapat mengikuti proses pembelajaran pada jenjang
berikutnya, soal PPDB harus mewakili berbagai kemampuan tingkat kognitif, seperti
mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Selain tingkat kognitif, hal lain yang perlu diperhatikan adalah validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran, dan daya pembeda dari soal tersebut sehingga akan diketahui
kualitas dari soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat
kognitif dan kualitas soal matematika pada seleksi PPDB SMA/SMK tahun ajaran
2012/2013 dan 2013/2014 Kabupaten Jember.
Objek dari penelitian ini adalah naskah soal matematika pada seleksi
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun ajaran 2012/2013 dan
2013/2014 Kabupaten Jember. Soal matematika pada seleksi PPDB tahun ajaran
2012/2013 dan 2013/2014 masing-masing terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda
dengan 5 pilihan jawaban. Soal matematika diklasifikasi dan diujikan pada siswa
SMP kelas IX. Penentuan tempat tes dilakukan dengan purposive sampling area.
SMP yang dipilih adalah SMP Negeri 3 Jember, SMP Negeri 7 Jember, dan SMP
Negeri 13 Jember yang mewakili tiga kategori sekolah dengan siswa berkemampuan
tinggi, sedang, dan kurang. Selanjutnya, pada masing-masing sekolah dipilih satu
kelas sebagai kelas yang akan melaksanakan tes.
Penelitian terbagi menjadi dua langkah, yaitu 1) mengklasifikasikan soal
berdasarkan tingkat kognitif sesuai revisi taksonomi Bloom, dan 2) mengukur
karakteristik soal. Klasifikasi dimulai dengan mengumpulkan soal matematika pada
seleksi PPDB, membuat tabel klasifikasi, melakukan analisis data, dan menarik
kesimpulan. Adapun untuk mengukur karakteristik soal dimulai dengan
mengumpulkan soal beserta kunci jawaban, menyusun tabel perhitungan, mengujikan
soal, melakukan analisis data hasil tes, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil klasifikasi dan analisis soal matematika pada seleksi PPDB
SMA/SMK tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014 Kabupaten Jember diperoleh
informasi tentang tingkat kognitif soal dan karakteristik soal. Tingkat kognitif kedua
soal tersebut sama tetapi pendistribusian nomor soalnya berbeda, yaitu berada pada
level mengaplikasikan (C3) dan menganalisis (C4) dengan proporsi 63,3% dan
36,7%. Proporsi tingkat kognitif tersebut belum dapat dikatakan baik karena tidak
terdapat butir soal dengan tingkat kognitif mengevaluasi (C5). Soal PPDB tahun
ajaran 2012/2013 memiliki validitas yang kurang baik dengan kategori 6,7% tinggi,
40% sedang, 40% rendah, dan 13,3% sangat rendah. Nilai reliabilitasnya sudah baik
yaitu 0,79. Proporsi tingkat kesukaran soalnya sudah baik yaitu 33,3% sukar, 60%
sedang, dan 6,7% mudah. Perbandingan daya pembeda soal yaitu 16,7% sangat baik,
26,7% baik, 20% cukup, 30% buruk, dan 6,7% sangat buruk. Sedangkan soal PPDB
tahun ajaran 2013/2014 memiliki validias yang juga kurang baik dengan kategori
3,3% sangat tinggi, 26,7% tinggi, 16,7% sedang, 23,3% rendah, dan 30% sangat
rendah. Nilai reliabilitasnya sudah baik yaitu 0,61. Proporsi tingkat kesukaran soalnya
belum baik yaitu 50% sukar, 50% sedang, dan 0% mudah. Perbandingan daya
pembeda soal yaitu 23,3% sangat baik, 23,3% baik, 23,3% cukup, 16,7% buruk, dan
13,3% sangat buruk.