PROSEDUR ADMINISTRASI PENDAPATAN PENJUALAN KOPI ROBUSTA PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PERSERO) WILAYAH II JEMBER
Abstract
Dalam mewujudkan tuntutan perusahaan, perlu adanya suatu kegiatankegiatan
tertentu yang dapat mewujudkan tujuan perusahaan di dalam
memperoleh keuntungan yang optimal. Biasanya kegiatan ini disebut fungsi
operasional perusahaan yang terdiri atas, pembelanjaan, produksi, pemasaran,
akuntansi, personalia, dan administrasi. Untuk menerapkan fungsi operasional
tersebut dengan baik perlu adanya kesinambungan dan kerjasama antara beberapa
fungsi. Bila terdapat kekurangan di salah satu fungsi operasional perusahaan
maka akan mengakibatakan kerjasama antar fungsi tidak bisa berjalan dengan
baik, sehingga proses perusahaan di dalam memperoleh keuntungan yang optimal
tidak akan pernah terlaksana. Oleh karena itu, fungsi operasional perusahaan
tersebut harus dikelola dengan baik dalam segi koordinasi atau kerjasama diantara
fungsi-fungsi tersebut. Agar tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif dan
berkualitas. Salah satu fungsi operasional perusahaan yang paling penting di dalam memegang peranan yaitu terletak pada fungsi pemasaran.