• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PARTISIPASI ORANG TUA (BIMBINGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP 17 Agustus Semboro Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)

    Thumbnail
    View/Open
    KRISTENTI WULANDARI.pdf (537.8Kb)
    Date
    2016-01-22
    Author
    WULANDARI, KRISTENTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengaruh Partisipasi Orang Tua ( Bimbingan Orang Tua Dan Motivasi Belajar ) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP 17 Agustus Semboro Semester Genap tahun Ajaran 2009/2010) Kristenti Wulandari, 030210301277, 2010, 95 hlm, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Partisipasi orang tua dalam proses belajar anak sangat besar pengaruhnya terhadap minat dan hasil belajar anak. Partisipasi orang tua adalah suatu bentuk keterlibatan orang tua baik langsung maupun tidak langsung untuk membantu proses perubahan dalam diri anak, serta mengatasi kesulitan mereka, yang dapat di lakukan melalui bimbingan di rumah dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari bimbingan orang tua di rumah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP 17 Agustus Semboro semester genap tahun ajaran 2009/2010. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive yaitu SMP 17 Agustus Semboro semester genap.Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proposional random sampling sebanyak 54 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan angket,wawancaradan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orang tua dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP 17 Agustus Semboro semester genap tahun ajaran 2009/2010. Hal ini di tunjukkan dari hasil perhitungan proposi sumbangan masing – masing variabel, yaitu bimbingan orang tua di rumah (X1) sebesar 36,35% dan motivasi belajar (X2) sebesar 42,85%. Sedang sisanya sebesar 20,8 % di jelaskan dalam faktor lain yaitu fasilitas belajar dan jalinan kominikasi dengan sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71960
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository