ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA SALON KECANTIKAN DI KECAMATAN KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian tentang “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap
Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam menggunakan Jasa Salon Kecantikan di
Kecamatan Kota Jember”. Tujuan dalam penelitian ini adalah :(1) menjelaskan
dan menganalisis pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan
empati terhadap kepuasan konsumen Salon kecantikan di Kecamatan Kota
Jember; (2) menjelaskan dan menganalisis pengaruh tangibilitas, reliabilitas, daya
tanggap, jaminan dan empati terhadap loyalitas konsumen Salon kecantikan di
Kecamatan Kota Jember; (3) menjelaskan dan menganalisis pengaruh kepuasan
terhadap loyalitas konsumen Salon kecantikan di Kecamatan Kota Jember.
Populasi dalam penelitian ini seluruh kosumen salon kecantikan di Kecamamatan
Kota Jember, kecamatan di Kota Jember terdiri dari tiga kecamatan yaitu kec.
Patrang, kec. Sumbersari dan kec. Kaliwates dengan jumlah salon kecantikan 39,
dengan jumlah konsumen semanyak 5040 yang menggunakan jasa salon
kecantikan. Penentuan jumlah sampel sebanyak 140 konsumen, pengambilan
sampel dilakukan secara purposive random sampling. Metode analisis yang
digunakan adalah metode persamaan struktural. Dan hasil analisis menunjukkan
bahwa kelima variabel dimensi kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas baik secara langsung maupun secara tak langsung melalui kepuasan
konsumen. Daya tanggap merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya
terhadap loyalitas konsumen, sedang variabel yang terendah pengaruhnya adalah
reliabilitas.
Collections
- MT-Management [539]