dc.description.abstract | Pembelajaran sejarah di sekolah sering dianggap kurang menarik, Dalam observasi yang dilakukan oleh peneliti yang mewawancara siswa kelas XI IPA 3 dapat ditarik kesimpulan dari pendapat siswa bahwa pelajaran sejarah membosankan, sehingga dikesampingkan terlebih siswa-siswa jurusan IPA yang menganggap sejarah tidak relevan dengan fokus jurusan yang dipilih sehingga daya tarik siswa terhadap pelajarah sejarah rendah. Peserta didik cenderung pasif terhadap proses pembelajaran dikelas. Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator mendorong peserta didik untuk lebih tertarik mengikuti pelajaran sejarah karena format permainan komputer akrab dengan keseharian peserta didik dan dapat mengambil manfaat dari mempelajari sejarah. Kegiatan pembelajaran menggunakan metode CAI (Computer Assisted Instruction).
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis wondershare quiz creator sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan daya tarik dalam belajar sejarah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2013-2014 (2) Apakah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis wondershare quiz creator sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2013-2014.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan ketertarikan siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2013-2014 dalam belajar sejarah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis wondershare quiz creator sebagai media pembelajaran. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bondowoso tahun ajaran 2013-2014 dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis wondershare quiz creator sebagai media pembelajaran.
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bondowoso, dengan jumlah 30 Siswa. Desain dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yan menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang berbentuk spiral dengan empat tahapan tiap siklus, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 Siklus. Dalam memperoleh data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan Dokumentasi.
Kesimpulan hasil penelitian : (1) terdapat peningkatan daya tarik peserta didik terhadap pelajaran sejarah; (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wondershare Quiz Creator dalam proses pembelajaran di kelas XI IPA 3 SMA 2 Bondowoso yaitu, pada siklus I, II, dan III. | en_US |