• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa KeLAS IV Dalam Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Di SDN Tempeh Kidul 01 Tempeh - Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    Ririn Kuswarini cover 123.pdf (732.5Kb)
    Date
    2016-01-22
    Author
    KUSWARINI, Ririn
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika di tingkat dasar bertujuan sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang berpusat pada guru, dan bersifat verbal, sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui aktifitas siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan metode demonstrasi dengan media tangga bilangan, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan metode demonstrasi dengan media tangga bilangan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempeh Kidul 01 Tempeh – Lumajang, yang terdiri dari 24 siswa, 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 26 Pebruari 2010 sampai 15 Juni 2010, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tempeh Kidul 01 Tempeh – Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran matematika dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 58%; siklus II sebesar 92%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 92% siswa dengan yang tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal melebihi kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan sekolah yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tempeh Kidul 01 Tempeh – Lumajang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71934
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository