PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN KABUPATEN, KOTA DAN PROVINSI KELAS IV SD NEGERI MUMBULSARI 01
Abstract
Pembelajaran PKn di kelas IVB SDN Mumbulsari 01 masih menggunakan
pembelajaan konvensional yakni ceramah dan penugasan. Hal tersebut berdampak
pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan tersebut, perlu
dilakukan suatu tindakan alternatif berupa penerapan teknik pembelajaran lain yang
mengutamakan keaktifan siswa dan memberi peluang kepada siswa untuk
mengembangkan kemampuan belajarnya secara maksimal.
Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah : 1)
bagaimanakah penerapan teknik mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mumbulsari 01 pada pembelajaran PKn pokok
bahasan system Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi; 2) bagaimanakah
peningkatan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan teknik mind mapping di kelas
IV SD Negeri Mumbulsari 01 pada pembelajaran PKn pokok bahasan system
Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi; 3) bagaimanakah peningkatan hasil
belajar siswa setelah diterapkan teknik mind mapping di kelas IV SD Negeri
Mumbulsari 01 pada pembelajaran PKn pokok bahasan system Pemerintahan
Kabupaten, Kota dan Provinsi. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah
dikemukakan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV SD Negeri Mumbulsari 01 melalui penerapan teknik mind mapping
pada pembelajaran PKn pokok bahasan sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan
Provinsi.