dc.description.abstract | Fakta di lapangan menunjukkan bahwa guru masih menggunakan sistem
konvensional, guru sering menggunakan media pembelajaran dalam bentuk lambang
verbal sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang.
Penerapan penggunaan multimedia video CD dapat menimbulkan kondisi belajar
yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa,
membantu siswa dalam memahami materi proklamasi kemerdekaan Indonesia
melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui penerapan pembelajaran melalui
multimedia Video CD dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi
kemerdekaan Indonesia yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SD
Negeri Karangrejo 04 Jember (2) mengetahui penerapan pembelajaran melalui
multimedia Video CD dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan proklamasi
kemerdekaan Indonesia yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri Karangrejo 04 Jember
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 04 Jember kelas V yang
terdiri atas 40 siswa, dengan 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Siswa dibagi
menjadi lima kelompok yang heterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan
dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes.
Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 24 Pebruari 2010 sampai
dengan 2 April 2010. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangrejo 04 Jember tahun ajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas
siswa, aktivitas guru dan post-test. Siklus I pertemuan ke-1, aktivitas siswa mencapai
80,33% sedangkan pertemuan ke-2, mencapai 84% sehingga siklus I, aktivitas siswa
mencapai 82,17%. Siklus II pertemuan ke-1, aktivitas siswa mencapai 86,33%
sedangkan pertemuan ke-2, mencapai 85,5% sehingga siklus II, aktivitas siswa
mencapai 85,92%. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 81,48%,
pertemuan 2 sebesar 88,89%, siklus II pertemuan 1 sebesar 92,59 % dan pertemuan 2
sebesar 92,59%. Analisis hasil post-test pada pra siklus, ketuntasan secara klasikal
hanya mencapai 57,5 % dan dinyatakan tidak tuntas. Siklus I, ketuntasan hasil belajar
siswa secara klasikal mencapai 82,5% yang dapat dikatakan ada peningkatan. Siklus
II, terlihat adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang
mencapai 90 % .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktifitas dan hasil belajar pada materi proklamasi kemerdekan Indonesia. Penerapan
penggunaan multimedia Video CD dapat menciptakan suasana pembelajaran yang
aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam
berinteraksi serta bekerja sama dengan teman kelompoknya sehingga dapat
mengembangkan keterampilan sosial siswa. | en_US |