PENGARUH PENJUALAN ADAPTIF TERHADAP KESADARAN MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN ORIFLAME DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Oriflame sebagai salah satu perusahaan direct selling hendaknya menyadari bahwa
pada saat ini banyak perusahaan direct selling dengan produk sejenis di pasar. Dan
untuk dapat bertahan dalam persaingan, dibutuhkan suatu strategi yang mampu
meningkatkan kinerja distributornya. Salah satunya adalah dengan lebih
memperhatikan kemampuan tenaga penjualnya dalam berkomunikasi dengan
pelanggan. Karena dalam direct selling tenaga penjual dituntut untuk mampu
membangun komunikasi interpersonal yang baik untuk memudahkan adaptasi.
Dengan adaptasi ini memungkinkan tenaga penjual untuk memahami pelanggan dan
memberikan pelayanan yang unik terhadap masing – masing pelanggan sesuai
kebutuhan mereka. Oleh karena itu penerapan penjualan adaptif menjadi penting
bagi tenaga penjual dalam rangka untuk peningkatan kinerja tenaga penjual itu
sendiri meningkatkan penjualan. Semakin konsumen mengenal Oriflme maka akan
menyadari Oriflame sebagai merek produk kecantikan. Kesadaran merek atau brand
awareness adalah pemasaran konsep yang mengukur pengetahuan konsumen tentang
keberadaan sebuah merek. Pada agregat (merek) tingkat, mengacu pada proporsi
konsumen yang tahu tentang merek. Dengan penjualan adaptif yang bagus dan
didukung dengan kesadaran merek pada konsumen, diharapkan dapat mempengaruhi
keputusan pembelian pada konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penjualan adaptif
dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian. Variabel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penjualan adaptif, kesadarn merek dan keputusan pembelian.
Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah konsumen penggunan produk kosmetik
oriflame. Karena jumlah populasi yang sangat banyak jumlahnya, maka jumlah
responden ditetapkan sebesar 100 responden. Metode analisis data menggunakan
analisis regresi konfirmatori.
Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh penjualan adaptif
terhadap kesadaran merek dan keputusan pembelian konsumen pada kosmetik merek
Oriflame, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: a). Penjualan
adaptif berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek pada konsumen pada
kosmetik merek Oriflame dengan arah positif, artinya penjualan adapatif yang
dilakukan oleh penjual pada kosmetik merek Oriflame telah mampu memenuhi
harapan konsumen sehingga konsumen merasa memahami mengenai produk
kecantikan Oriflame, b). Penjualan adaptif berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian pada konsumen pada kosmetik merek Oriflame dengan arah
positif, artinya bahwa penjualan adaptif telah mampu menciptakan keputusan
pembelian, dan c). Kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian pada konsumen pada kosmetik merek Oriflame dengan arah positif,
artinya bahwa apa yang dirasakan oleh konsumen membuat konsumen menjadi sadar
adanya produk kecantikan Oriflame yang mampu memenuhi segala kebutuhan
konsumen wanita.