PENGARUH MOTIF, HARAPAN, INSENTIF, SERTA KEPUASAN PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA KPRI SENASIB KECAMATAN SUMBER SARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini untuk menguji Pengaruh Motif, Ekspektasi/harapan, Insentif serta
Kepuasan Pelayanan terhadap Partisipasi Anggota pada KPRI Senasib Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan pada seluruh anggota KPRI Senasib Kecamatan
Sumbersari Kabupotaen Jember. Data yang digunakan adalah penelitian ini adalah data
primer yang langsung dari responden melalui penyebaran kuesioner. Variabel dalam
penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu motif, ekspektasi/harapan, insentif
dan kepuasan pelayanan dan variabel dependen yaitu partisipasi anggota. Penelitian ini
menggunakan uji hipotesis regresi linier berganda.
Pada pengujian hipotesis 1 pada tabel diatas yang menggunakan analisis regresi
linier berganda, maka diketahui bahwa hipotesis 1 menunjukkan bahwa nilai koefisien
parameter 0,169 dengan nilai tingkat signifikasi sebesar 0,035 atau p-value < 0,05.
Pada pengujian hipotesis 2 pada tabel diatas yang menggunakan analisis regresi
linier berganda, menunjukkan bahwa nilai koefisien parameter 0,177 dengan nilai
tingkat signifikasi sebesar 0,011 atau p-value < 0,05. Hal ini membukti bahwa harapan
berpengaruh terhadap partisipasi anggota.
Pada pengujian hipotesis 3 pada tabel diatas yang analisis regresi linier berganda
menunjukkan, maka diketahui bahwa hipotesis 3 diterima terbukti dengan nilai
signifikansi sebesar 0,001 aatau p-value < 0,05. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan H3
diterima , atau koefisien regresi signifikan, dan membuktikan bahwa insentif berpengaruh
signifikan terhadap partisipasi anggota.
Pada pengujian hipotesis 4 pada tabel diatas yang menggunakan anlisis regresi
linier berganda dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa tingkat signifikansi
p-value sebesar 0,000 atau p-value < 0,05. hal ini membuktikan bahwa kepuasan
pelayanan berpengaruh terhadap partisipasi anggota.